Microsoft Nonaktifkan Cortana di iOS dan Android

TEKNOLOGI | 19 November 2019 07:30 Reporter : Indra Cahya

Merdeka.com - Aplikasi asisten cerdas milik Microsoft yakni Cortana, disebut akan dinonaktifkan pada tahun depan.

Menurut Microsoft, perusahaan akan melakukan hal tersebut untuk Cortana versi iOS dan Android. Dikutip dari The Verge via Liputan6.com, pengumuman ini sudah dipastikan pula melalui laman resmi Cortana untuk pengguna.

Dari laman itu diketahui, pengguna Cortana di Inggris, Kanada, dan Australia tidak lagi dapat memakai layanan tersebut mulai Januari 2020. Selain tiga negara itu, Cortana juga akan dihapus keberadaannya di Jerman, Meksiko, Tiongkok, dan India.

Meski telah menghapus Cortana untuk perangkat mobile, perusahaan memastikan asisten virtual ini masih akan tersedia untuk platform Windows. Bahkan, perusahaan memastikan Cortana akan terintegrasi dengan software di Microsoft 365.

"Untuk membuat Cortana lebih membantu, kami mengintegrasikan Cortana di software Microsoft 365, dan sebagai bagian dari perubahan itu, kami menghentikan dukungan untuk aplikasi mobile Cortana di Android dan iOS," tutur juru bicara Microsoft.

Selain negara yang disebutkan di atas, perusahaan menuturkan dukungan Cortana di iOS dan Android masih akan dilanjutkan untuk pasar Amerika Serikat. Hanya, belum dapat dipastikan kapan dukungan itu akan berhenti.

Tidak hanya itu, perusahaan juga akan menghentikan dukungan Cortana untuk Microsoft Launcher di Android. Dengan kata lain, asisten virtual itu akan menghilang dari launcher setelah 31 Januari 2020.

Keputusan Microsoft ini membuat usia Cortana tidak bertahan lama di platform mobile, sebab asisten virtual ini baru diluncurkan untuk Android dan iOS pada Desember 2015.

Awalnya, asisten virtual ini didesain untuk menghubungkan PC Windows 10 dengan smartphone, tapi ternyata tidak mampu berkompetisi.

Sebelumnya, CEO Microsoft Satya Nadella di awal tahun menyebut bahwa Cortana bukan saingan dari Amazon Alexa atau Google Assistant.

Sumber: Liputan6.com
Reporter: Agustinus Mario Damar

Baca juga:
Bill Gates Sebut Windows Mobile Mampu Kalahkan Android
Microsoft Akui Android Sebagai OS Mobile Terbaik
Microsoft Luncurkan Surface Pro X, Laptop Prosesor Qualcomm!
Microsoft Perkenalkan Smartphone Lipat Surface Duo, Kini Pakai Android!
Grab Gandeng Microsoft Tingkatkan Penguasaan Teknologi Pengemudi
Microsoft: Kelompok Peretas Masuk Perangkat IoT
Microsoft Perkenalkan Mixed Reality HoloLens, Hologram Namun Seperti Nyata!

(mdk/idc)

TOPIK TERKAIT