MUHFAU, startup lokal pencetus aplikasi Nulis Aksara Jawa di Android

TEKNOLOGI | 2 Maret 2015 12:09 Reporter : Dwi Zain Musofa

Merdeka.com - Untuk membuat para generasi muda Indonesia tak melupakan aksara jawa, sebuah startup pengembang aplikasi Android asal Boyolali bernama MUHFAU membuat aplikasi untuk menulis aksara jawa di smartphone bertajuk Nulis Aksara Jawa.

Nulis Aksara Jawa sendiri adalah sebuah aplikasi yang berjalan di OS android yang memungkinkan pengguna untuk dapat membaca dan menulis tulisan dalam aksara jawa.

Dengan aplikasi ini pengguna yang tidak dapat membaca ataupun menulis dalam aksara jawa dapat terbantukan dalam membaca ataupun menulis aksara jawa.

Nulis Aksara Jawa memiliki fitur konversi tulisan dari huruf latin menjadi aksara jawa dan aksara jawa menjadi tulisan latin. Untuk fitur konversi tulisan dari huruf latin menjadi aksara jawa, pengguna cukup menuliskan kata atau kalimat dengan keyboard lalu menekan tombol 'konversikan', maka

tulisan dalam bentuk aksara jawa hasil konversi akan tampil di layar.

Selain itu tulisan aksara jawa tersebut dapat disimpan sebagai gambar sehingga dapat dibagikan untuk teman-teman maupun diunggah melalui social media.

Sedangkan untuk fitur konversi tulisan dari aksara jawa menjadi tulisan latin, di layar monitor disajikan keyboard aksara jawa yang dapat mengetikkan huruf-huruf dalam bentuk aksara jawa. Jadi, pengguna hanya tinggal mengetikkan kata atau kalimat dalam aksara jawa melalui keyboard tersebut maka di layar akan tampil hasil konversi dalam bentuk tulisan latin.

Selain dua fitur utama di atas, aplikasi ini juga terdapat fitur input suara untuk menu konversi tulisan latin menjadi aksara jawa. Jadi, pengguna hanya tinggal mengucap kata atau kalimat maka di layar akan muncul hasil konversi dalam bentuk aksara jawa.

Kemudian untuk menu konversi tulisan aksara jawa menjadi tulisan latin terdapat fitur teks menjadi suara. Dengan fitur ini pengguna dapat mengucapkan tulisan yang telah diketikkan dalam aksara jawa.

Aplikasi Nulis Aksara Jawa sendiri saat ini sudah dapat diunduh langsung dari Google Play Store.

(mdk/dzm)

BERI KOMENTAR
Join Merdeka.com