Nokia 7.2 Akhirnya Dapatkan Pembaruan Android 10

Nokia 7.2 Akhirnya Dapatkan Pembaruan Android 10
TEKNOLOGI | 3 April 2020 11:18 Reporter : Indra Cahya

Merdeka.com - HMD Global akhirnya memberi pembaruan Android 10 untuk smartphone miliknya. Kali ini yang mendapatkan OS tersebut adalah Nokia 7.2. Update ini bergulir mulai 31 Maret 2020.

Dilansir GSM Arena via Tekno Liputan6.com, HMD Global disebut seharusnya bisa merilis Android 10 untuk Nokia 7.2 lebih cepat. Namun, terlambat disebabkan pandemi Covid-19.

Pembaruan Android 10 untuk Nokia 7.2 memiliki versi 2.250. OS ini menghadirkan berbagai fitur baru termasuk dark mode, smart reply, serta tambahan kontrol untuk privasi dan lokasi.

HMD Global sekaligus merilis patch keamanan Maret 2020 untuk Nokia 7.2. Peluncuran Android 10 untuk Nokia 7.2 dilakukan secara bertahap. Sehingga, kemungkinan diperlukan beberapa hari ke depan agar semua Nokia 7.2 mendapatkan pembaruan tersebut.

1 dari 2 halaman

HMD Global Umumkan Nokia 5.3 dan Nokia 1.3

Nokia mengumumkan smartphone entry level besutannya yakni Nokia 5.3 dan Nokia 1.3. Smartphone ini dirilis bersamaan dengan Nokia 8.3 di London.

Dikutip dari laman GSM Arena via Tekno Liputan6.com, Nokia 5.3 menggunakan layar IPS HD+ berukuran 6,55 incii dan dilengkapi oleh Snapdragon 664.

Seri ini akan hadir dengan tiga opsi RAM, yakni 3GB, 4GB, dan 6GB. Sementara media penyimpanannya hanya 64GB (bisa ditambah kapasitas via slot microSD).

Di bagian belakang, pengguna akan menemukan modul kamera berbentuk bulat dengan empat sensor lensa di dalamnya.

Adapun sensor lensa utama berkemampuan 13MP dengan aperture f/1.8 dan lensa ultrawide 5MP. Sementara dua lensa lainnya, yakni 2MP untuk mengambil foto makro dan bokeh.

Kamera selfie smartphone ini mengusung lensa 8MP dengan aperture f/2.0.

Nokia 5.3 ditenagai oleh baterai 4000mAh yang hanya bisa diisi dayannya menggunakan kepala charger berkemampuan 10W. HMD Global mengklaim, smartphone ini tidak perlu di charge terlalu sering karena baterai Nokia 5.3 disebut mampu bertahan selama dua hari.

Nokia 5.3 akan tersedia secara global mulai April 2020 dengan pilihan warna Cyan, Sand dan Charcoal seharga kisaran Rp 3,3 jutaan.

2 dari 2 halaman

Spesifikasi Nokia 1.3

Lebih lanjut, Nokia 1.3 hadir dengan layar IPS HD+ berukuran 5,71 inci, prosesor Qualcomm 215, RAM 1GB, dan memori internal sebesar 16GB yang dapat ditingkatkan kapasitasnya via microSD hingga 400GB.

Untuk urusan fotografi, smartphone ini hanya memiliki satu kamera berkemampuan 8MP yang diklaim mampu mengambil foto meskipun dalam cahaya yang minim.

Berdasarkan penjelasan HMD Global, kemampuan ini didapatkan berkat aplikasi Camera Go dari Google yang berteknologi AI.

Sementara untuk kamera selfie, perusahaan hanya menyertakan kamera bersensor 5MP.

Perusahaan melengkapi seri ini dengan baterai berkapasita 3000mAh, dan sudah langsung menggunakan Android 10 Go Edition (bisa di-upgrade ke versi selanjutnya).

Nokia 1.3 disebut bakal tersedia pada April mendatang dengan banderol harga di kisaran Rp1,6 juta.

Sumber: Liputan6.com
Reporter: Andina Librianty (mdk/idc)

Baca juga:
Huawei P40 Pro Jadi Smartphone Dengan Kamera Terbaik Versi DxOMark
Sertifikasi POCO F2 Muncul di Eropa, Segera Rilis?
SuperSIM, Teknologi Baru Yang Padukan Kartu SIM dan Kartu Memori Jadi Satu
Bocoran Smartphone Gaming Legion Besutan Lenovo Mulai Bermunculan
Redmi 9 Bakal Segera Rilis, Smartphone Murah Dengan 4 Kamera Belakang?
Erajaya Gelar Eraspacetival, Festival Gadget Online Terbesar saat Pandemik Covid-19
Pengguna Smartphone Lebih Lama Terhubung dengan WiFi

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami