OPPO Rilis Aplikasi Permudah Servis

TEKNOLOGI | 23 Agustus 2019 07:29 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Sebuah lembaga survey bernama Canalyst melaporkan pada kuartal kedua 2019 ini, OPPO menjadi pemimpin pasar smartphone di Indonesia dengan persentase pasar sebesar 26 persen. Menanggapi kedudukannya ini, OPPO meluncurkan sebuah aplikasi yang akan mempermudah pengguna untuk melakukan servis smarphone OPPO mereka. Aplikasi tersebut bernama OPPO Service.

"Kita meluncurkan ini untuk mempermudah pengguna. Jadi gak usah masuk-masuk ke website lagi ya," tutur Aryo Meidianto, PR Manager OPPO.

Layanan-layanan yang diberikan adalah harga spare part, status garansi, status perbaikan, layanan prioritas, service center, antar jemput, diagnosa kerusakan, pengumuman, dan percakapan.

Tiga layanan pengecekan yang dihadirkan adalah pengecekan harga spare part, status garansi, dan status perbaikan. Pengguna dapat secara langsung mengetahui harga-harga layar, kabel, adapter, dan sebagainya sesuai harga di Indonesia.

Untuk status perbaikan, nantinya setiap pengguna yang sedang menyerahkan smartphonenya untuk diperbaiki dapat mengetahui perkembangannya setelah memasukkan nomor repair order atau IMEI smartphone.

Layanan prioritas disini berarti pengguna dapat booking layanan servis pada tanggal dan jam tertentu sehingga dapat segera dilayani di tempat. Layanan ini ada untuk menghindari keramaian di service center. Layanan service center akan mendaftarkan lokasi-lokasi service center OPPO yang sekarang berjumlah sebanyak 117 lokasi di Indonesia.

OPPO telah bekerjasama dengan J&T dalam layanan antar jemput. Melalui layanan ini, J&T akan menghampiri pengguna dan membawakan smartphone pengguna ke service center terdekat. Semua biaya pengantaran akan ditanggung OPPO.

Layanan diagnosa kerusakan akan membuat aplikasi mengerahkan prosedur pengecekan kinerja smartphone pengguna, dari suara, layar, getaran, dan selanjutnya. Layanan pengumuman akan menjadi seperti layanan berita terbaru dari OPPO, menginformasikan pengguna akan hari libur, produk atau aplikasi terbaru OPPO, dan lain-lain.

Layanan terakhir adalah live chat. Layanan ini akan menghubungkan pengguna pada operator di service center agar pengguna dapat berbicara langsung. Pelanggan dapat menyampaikan keluhan dan permasalahan seputar smartphonenya tanpa harus pergi ke service center terlebih dahulu. Layanan akan operasional dari jam sembilan pagi hingga sembilan malam.

Sayangnya, aplikasi OPPO Service tidak bisa digunakan untuk smartphone OPPO yang lama atau yang masih memiliki Color OS versi dibawah 3.1. Aplikasi sendiri masih belum bisa ditemukan di OPPO App Store atau Google Play Store.

"Kayaknya tahun depan baru masuk OPPO App Store dan baru kuartal keduanya masuk Play Store," pungkas Aryo.

Hingga kini, aplikasi baru bisa diunduh melalui suatu link khusus tetapi OPPO memiliki strateginya sendiri untuk mengenalkan aplikasi pada masyarakat.

"Kami punya database konsumen kan. Kami bisa blast SMS untuk kasih link unduhan, atau dari komunitas juga ada, atau SC sendiri punya Facebook, atau OPPO Indonesia sendiri, melalui media sosial, kasih tahu bahwa kita punya aplikasi ini, bisa diunduh, dan bisa diinstall," kata Aryo.

Reporter Magang: Joshua Michael

(mdk/faz)

TOPIK TERKAIT