Oppo Segera Perkenalkan Reno 2, Empat Kamera Dengan 20x Zoom!

TEKNOLOGI | 19 Agustus 2019 12:31 Reporter : Indra Cahya

Merdeka.com - Rasanya baru beberapa waktu lalu Oppo meluncurkan Oppo Reno, flagship besutan mereka dengan teknologi Zoom 10x. Jika ditelusuri, baru Juni lalu perangkat ini rilis. Perangkat ini pun masih hangat di gerai Oppo terdekat di kota Anda.

Namun, hal ini tak membuat Oppo tidak 'gercep' untuk memperkenalkan suksesor dari smartphone ini.

Melansir cuitan resmi dari Oppo India, vendor smartphone asal China tersebut akan merilis Oppo Reno 2. Smartphone ini akan dirilis 28 Agustus di India.

Selain kamera depan dengan konsep popup yang mirip sirip hiu seperti generasi pertamanya, Oppo Reno 2 akan membawa empat buah kamera belakang dan fitur Zoom 20x.

Oppo sendiri dalam cuitannya belum menjelaskan apa-apa soal fitur zoom yang kini meningkat dua kali lipat tersebut. Bisa jadi, ini adalah hibrida antara zoom optikal dan digital. Reno orisinal sendiri memiliki 5x zoom optikal, 10x zoom hibrida, serta 60x zoom digital.

1 dari 2 halaman

Akan Ada Banyak Varian

Dalam cuitan resminya, Oppo menyebut bahwa ini adalah pengumuman "Oppo Reno 2 Series". Hal ini berarti akan ada lebih dari satu smartphone Oppo Reno 2.

Di Reno orisinal, terdapat beberapa varian smartphone pula. Pertama adalah Oppo Reno reguler, kedua adalah Oppo Reno 10x Zoom.

Dua varian tersebut, memiliki perbedaan spesifikasi, mulai dari ukuran layarnya, baterai, dan kamera. OPPO Reno, memiliki layar OLED berukuran 6,4 inci berlapis Corning Gorilla Glass 6. Lapisan perlindungannya ini berada di bagian depan serta belakang perangkat.

Dari sisi spesifikasi, Reno dibekali dengan prosesor Snapdragon 710 ini juga memiliki baterai 3.765mAh, yang didukung teknologi pengisian daya super cepat VOOC 3.0. Seri ini dibekali dengan varian RAM 6GB dan memori internal 128GB, serta RAM 8GB dan memori internal 256GB.

Untuk OPPO Reno 10x Zoom, terdapat layar lebih besar yakni 6,6 inci dengan rasio screen to body mirip dengan Reno. Kapasitas baterainya sebesar 4.065mAh, yang juga didukung teknologi VOOC 3.0.

Smartphone ini kemungkinan hadir di Indonesia dalam satu varian, RAM 8GB dan memori internal 256GB. Smartphone ini disokong prosesor flagship Snapdragon 855.

Urusan pengambilan gambar, Oppo membekali Reno 10x Zoom dengan tiga kamera belakang. Resolusinya adalah 48MP (aperture F1. 7), lensa wide angle 8MP, dan 13MP untuk telephoto.

2 dari 2 halaman

'Hajar' Pasar India Terlebih Dahulu

Smartphone ini diperkenalkan di India terlebih dahulu adalah hal yang tidak mengagetkan. Pasalnya, para vendor smartphone kini sedang berebut pasar negeri Hindustan tersebut.

Bagaimana tidak, perkembangan pesat pasarnya yang tinggi membuat negeri ini jadi ladang besar untuk menaikkan pengkapalan.

Sebelumnya di tahun 2018, penguasa pasar di sana adalah Xiaomi. Dari total semuanya, Xiaomi memiliki pangsa pasar sebesar 29,7 persen di India. Samsung berada di posisi kedua yakni 23,9 persen.

OPPO dan Vivo berada di tempat ketiga dan keempat, masing-masing dengan 12,6 persen dan 7,6 persen dalam hal pangsa pasar di India.

Oleh karena itu, Oppo melancarkan strategi untuk memperkenalkan smartphone baru dengan fitur inovatif di negeri ini. Cara ini juga akan ditempuh Xiaomi untuk memperkenalkan smartphone pertama dengan kamera 64MP, di kuartal ke-empat 2019 nanti.

Sebagai catatan, Oppo kini telah menguasai pangsa pasar smartphone di Indonesia, dengan 26 persen. Samsung yang semula berada di posisi satu digeser ke posisi kedua dengan pangsa pasar 24 persen. Di posisi ketiga dan seterusnya ditempati oleh Xiaomi, Vivo, dan Realme. Masing-masing meraih pangsa pasar 19 persen, 15 persen, dan 7 persen. (mdk/idc)

Baca juga:
Alasan Ini Buat Samsung Note 10 Dicintai Orang Kidal
Benarkah Vendor Alat Blokir Ponsel Ilegal Bisa Intip Data Pribadi Pelanggan?
iPhone X ini Masih Menyala Meski Telah Tenggelam di Dasar Danau
7 Smartphone Terbaik Dengan RAM 12GB, Smartphone Dengan Performa Sengebut PC!
4 Fitur Kamera yang Harusnya Jadi Standar di Smartphone 2019
Samsung Rilis Smartphone Baterai Graphene Tahun Depan, Cas Hitungan Menit!
Smartphone Lipat Diprediksikan Tembus 50 Juta Unit di Tahun 2024

TOPIK TERKAIT