Pakai 5G Bisa Buat Apa Saja?

TEKNOLOGI | 28 November 2019 18:53 Reporter : Fauzan Jamaludin

Merdeka.com - Direktur Sales Telkomsel, Ririn Widaryani mengatakan penggunaan 5G pada dasarnya juga bisa digunakan bagi pelanggan individu.

Sebagai contoh bagi pengguna yang memiliki ketertarikan dengan Esports. Sebagaimana diketahui, untuk bisa memainkan Esports lebih lancar, jaringan 5G mutlak diperlukan.

"Selain itu juga video call. Kualitasnya jauh lebih baik. Tidak ada delay dan real time. Kalau pakai 4G, kita melakukan video call kadang-kadang masih delay," jelasnya usai acara uji coba jaringan 5G Telkomsel di Batam, Kamis (28/11).

Meski begitu, 5G untuk penggunaan sehari-hari merupakan opsi bagi pelanggan jika suatu saat nanti dikomersilkan. Sejauh ini penggunaan 5G baru sebatas uji coba. Belum masuk dalam tahap komersialisasi. Begitu juga dengan yang dilakukan oleh Telkomsel saat ini.

"Enggak, itu kan hanya opsi ya. Tadi kan kalau bicara ekosistem, harus sedia perangkatnya dulu ya khusus 5G. Itu juga membuat pelanggan harus ganti. Saya rasa perlu proses," ungkap dia.

Ririn juga mengatakan, bagi pelanggan individu kebutuhan sekarang barangkali sudah cukup mengakomodir aktivitas sehari. Tetapi bila bicara industry 4.0 beda hal.

"Industry 4.0 ini kan butuh speed yang tinggi. Jadi 5G solusi ya," jelasnya.

1 dari 1 halaman

Telkomsel Uji Coba 5G

Telkomsel kembali dilibatkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk menggelar uji coba jaringan IMT-2020 (5G) yang kali ini berfokus pada kebutuhan industri. Uji coba tersebut dilakukan melalui gelaran Telkomsel 5G for Industry 4.0 di kota Batam, Kepulauan Riau (28/11).

Acting CEO Telkomsel Heri Supriadi mengatakan, uji coba Telkomsel 5G ini merupakan wujud keseriusan transformasi Telkomsel menjadi digital telco company yang terus bergerak maju dalam mengakselerasikan negeri, dengan menghadirkan teknologi terkini yang dapat mendorong perwujudan ekosistem Industry 4.0.

"Teknologi seluler generasi ke lima ini diyakini akan menjadi faktor yang penting di era revolusi Industry 4.0, karena pemanfaatannya secara nyata akan meningkatkan produktivitas serta efisiensi operasional segmen industri, sekaligus memperkuat daya saing bangsa," kata dia.

Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Ismail mengatakan, "Selamat atas babak baru ini bagi Telkomsel, yang sudah smart memilih waktu dan tempat untuk peluncuran uji coba 5G yang kedua ini di Batam, setelah melakukan ujicoba yang pertama untuk mendukung pemerintah saat penyelenggaraan Asian Games." (mdk/idc)

Baca juga:
Gandeng Telkomsel, OPPO Uji Coba Lakukan Panggilan Video 5G
4 Hal Ini Jadi Pertimbangan Pemerintah Sebelum Terapkan 5G
Qualcomm Perkirakan Pengiriman Smartphone 5G Capai 450 Juta di Tahun 2021
Xiaomi Siapkan Pabrik Smartphone 5G
5G Resmi Meluncur di Tiongkok, Jadi yang Terbesar di Dunia
Xiaomi Siapkan Redmi K30 Konektivitas 5G, Kapan?
Huawei Sebut Teknologi 5G Akan Jadi Kebutuhan Primer

TOPIK TERKAIT

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.