Pameran Daring 118 Tahun WR Supratman Dibuka Hari Ini, Begini Cara Aksesnya

Pameran Daring 118 Tahun WR Supratman Dibuka Hari Ini, Begini Cara Aksesnya
Pameran daring 118 Tahun WR Supratman dengan tema Melodi Bangsaku. ©2021 Merdeka.com
TEKNOLOGI | 19 Agustus 2021 09:23 Reporter : Syakur Usman

Merdeka.com - Pameran daring bertajuk "Melodi Bangsaku" dihelat oleh Museum Sumpah Pemuda Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI. Pameran yang berisi 118 Tahun WR Supratman ini dibuka pada hari ini, Kamis (19/8).

Pameran daring “Melodi Bangsaku” menyajikan informasi mengenai sepak terjang pencipta lagu kebangsaan Indonesia Raya, WR Supratman, berjuang memerdekakan Indonesia.
Pahlawan nasional ini memperkenalkan pertama kali lagu kebangsaan Indonesia Raya pada momentum penutupan Kongres Pemuda II pada 28 Oktober 1928 di Gedung Indonesische
Clubgebouw (sekarang Museum Sumpah Pemuda).

Tak hanya itu, WR Supratman juga menciptakan beberapa lagu lain, seperti Ibu Kartini, Di Timur Matahari, dan Dari Barat sampai ke Timur. Karya-karyanya sangat akrab didengar dan dinyanyikan oleh masyarakat hingga kini.

“Berbicara mengenai Wage Rudolf Supratman atau WR Supratman rasanya tepat dan sesuai dengan momentum peringatan Hari Ulang Tahun ke-76 RI kali ini yang mengusung tema 'Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh'. WR Supratman adalah sosok tangguh yang mencerminkan nilai-nilai nasionalisme dan patriotisme,” ujar Hilmar Farid PhD, Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Ristek RI, dalam pembukaan pameran daring ini, Kamis (19/8).

Menurut Dirjen Hilmar Farid, dari WR Supratman kita belajar bahwa berjuang untuk Indonesia tak harus angkat senjata, tapi bisa dengan kompetensi masing-masing.

Pameran daring ini berlangsung mulai hari ini, Kamis (19/8) hingga 24 September 2021. Pembukaan pameran ini disiarkan melalui kanal YouTube Muspada pada hari ini pukul 10.00 WIB.

Pameran dapat diakses melalui laman resmihttps://www.pameranmsp.com/ yang menyuguhkan konten kreatif dan layanan tur virtual 360 derajat yang memberikan pengalaman seperti langsung di museum.

Rangkaian pembukaan pameran ini juga akan dimeriahkan dengan penampilan kesenian musik dan tari oleh Voice Corner Vocal Group Madiun, Color Guard Jawa Timur, Goong Prada Management, BTM Dance Crew, serta penampilan teatrikal Kongres Pemuda oleh Cinemaxxi Teater Surabaya.

(mdk/sya)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami