PANDI dan BPP AKU Ajak Anak Muda Kolaborasi dengan UMKM untuk Viralkan Produk Lokal

PANDI dan BPP AKU Ajak Anak Muda Kolaborasi dengan UMKM untuk Viralkan Produk Lokal
Bincang Inspirasi bertajuk Peran Generasi Muda dan Teknologi dalam Pemberdayaan UMKM Kala Pandemi Co. ©2021 Merdeka.com
TEKNOLOGI | 15 September 2021 06:56 Reporter : Syakur Usman

Merdeka.com - Indonesia masih berjuang untuk melawan pandemi Covid-19. Dukungan dari berbagai pihak dibutuhkan untuk memulihkan ekonomi nasional. Generasi muda dengan talentanya yang besar di era digital ini dapat membantu UMKM yang menjadi salah satu sektor ekonomi terdampak supaya terjadi percepatan pemulihan ekonomi .

Ketua Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) Yudho Giri Sucahyo mengatakan, banyak perubahan perilaku masyarakat yang terjadi selama pandemi Covid-19.

“Pandemi ini mengubah banyak hal. Mulai dari pola kerja hingga pola berbelanja masyarakat. Ini juga berdampak pada perekonomian khususnya pelaku usaha UMKM yang sangat terdampak akibat pembatasan ruang gerak maskyarakat.” Kata Yudho sebagai narasumber di acara Bincang Inspirasi bertajuk “Peran Generasi Muda dan Teknologi dalam Pemberdayaan UMKM di Masa Pandemi Covid-19”, pada Selasa (14/9).

Menurut Yudho, hal ini masih bisa diatasi jika generasi muda dapat berkolaborasi dengan UMKM dengan memanfaatkan teknologi digital sekarang. "Generasi muda berperan penting sekali untuk membantu pemasaran produk UMKM secara digital."

Iyuk Wahyudi, Sekjen Badan Pengurus Pusat Andalan Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Akseptor (BPP AKU), menambahkan generasi muda harus menjadi inspirasi dan memberikan kreativitasnya untuk kemajuan bangsa. Sebab kalangan UMKM menjadi salah satu sektor yang perlu didukung dan diselamatkan dari pandemi Covid-19 saat ini.

Di kesempatan ini, pelaku UMKM sektor kuliner, Yuli Indarti, mengungkapkan buruknya dampak pandemi terjadap usahanya. Omzetnya drop 50 persen akibat kebijakan bekerja dari rumah, meski usahanya juga sudah menempuh penjualan secara daring.

"Kekuatan pemasaran melalui media sosial dirasakan sangat membantu meningkatkan penjualan di masa pandemi. Namun, bantuan dari berbagai pihak untuk memasarkan produk terutama generasi muda yang sangat mengerti dan paham terhadap perkembangan teknologi sangatlah ditunggu para pelaku UMKM," tegas Yuli asal Jakarta Selatan.

Perwakilan generasi muda, Satria Kenvaleriano, mengakui bahwa generasi muda bisa melakukan gerakan "share and attention", jika belum mampu melakukan aksi-aksi besar dalam membantu para pelaku UMKM.

“Kita bisa melakukan aksi-aksi kecil mulai dari menggunakan media sosial dengan cara membagikan review produk-produk lokal, dan viralkan UMKM pilihan kita agar mereka mendapatkan perhatian yang dibutuhkan untuk berkembang serta bertahan,” ucapnya.

Dicari Local Heroes UMKM

Acara Bincang Inspirasi ini rangkaian dari kegiatan "Wirakarya Local Heroes Festival 2021". Kegiatan ini menyelenggarakan tiga jenis lomba yang dapat diikuti oleh generasi muda, yaitu empowerment action, live selling, dan video advertising. Pendaftaran ketiga lomba tersebut dapat diakses melalui laman www.localhero.id.

Pemenang lomba akan diumumkan pada 28 Oktober bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, sekaligus akan dinobatkan menjadi Duta Sahabat UMKM.

Kompetisi ini didukung Bank Mandiri dan Smartfren, serta didukung penuh oleh PANDI, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, BPP AKU, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

(mdk/sya)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami