Pemerintah AS Gunakan Data Lokasi Iklan Seluler Untuk Lacak Pergerakan Covid-19

Pemerintah AS Gunakan Data Lokasi Iklan Seluler Untuk Lacak Pergerakan Covid-19
TEKNOLOGI | 31 Maret 2020 19:13 Reporter : Indra Cahya

Merdeka.com - Setelah sebelumnya terdapat peta 'heat map' untuk melihat pergerakan masyarakat yang melancong di tengah imbauan social distancing, pemerintah AS kini menggunakan pelacakan lokasi smartphone untuk tujuan serupa.

Berdasarkan laporan dari The Wall Street Journal, pemerintah federal AS melalui CDC yang merupakan agensi federan untul pencegahan dan penanganan wabah, telah menggunakan data lokasi dari iklan seluler untuk membantu merencanakan respon pandemi.

Informasi ini akan dianonimkan, namun dapat membantu para pejabat di CDC untuk memahami di mana orang-orang yang masih berkumpul dengan jumlah besar dan berpotensi menyebarkan corona.

Hal ini juga dapat mendeteksi seberapa baik masyarakat untuk tetap tinggal di dalam rumah, dan bagaimana virus bisa berdampak pada bisnis ritel.

1 dari 1 halaman

Dalam laporan ini juga disebut bahwa proyek ini memiliki tujuan untuk membuat portak dengan data lokasi hingga 500 kota di AS. CDC nantinya akan dibantu oleh para pakar telekomunikasi dari Harvard, John Hopkins, Princeton, dan banyak akademi lainnya.

Lebih jauh, proyek ini dapat bermanfaat bagi pihak berwajib untuk mengambil tindakan preventif. Seperti mencegah masyarakat yang bermain di taman, atau mengimbau bisnis-bisnis yang melanggar anjuran social distancing.

Di sisi lain, tentunya terdapat masalah privasi, di mana data rentan disalahgunakan. Konsekuensi melawan Covid-19 nampaknya akan membawa risiko keamanan privasi, namun laporan ini tak terlalu membahas perhatian tersebut.

Menurut Anda? (mdk/idc)

Baca juga:
Intip Pembuatan Pizza Terpanjang Italia di Tengah Wabah Covid-19
Elon Musk Sebut Akan Segera Buka Pabrik Tesla Untuk Produksi Ventilator
PDP dengan Rapid Rest Positif Meninggal Dunia di Medan, Ini Faktanya
Kemlu: 14 WNI di Luar Negeri Sembuh dari Covid-19
Cegah Penularan Corona, Petugas Medis di Republik Ceko Pakai Masker Snorkeling
6 Fakta Lockdown India, Keputusan Pemerintah yang Timbulkan Krisis Kemanusiaan
Lukisan Van Gogh Dicuri dari Museum yang Ditutup karena Wabah Corona

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami