Pencurian Data Bisa Diatasi Dengan Literasi Digital

Pencurian Data Bisa Diatasi Dengan Literasi Digital
TEKNOLOGI | 30 Oktober 2020 15:37 Reporter : Indra Cahya

Merdeka.com - Hal paling penting di tengah mudahnya akses teknologi dan banyaknya layanan berbasis internet adalah literasi digital dan kepedulian masyarakat terhadap keamanan data mereka sendiri.

Hal tersebut diungkapkan dalam acara Inspirato Sharing Session bertajuk "Bahaya di Balik Tren Pencurian Data Digital" yang diikuti oleh Tekno Liputan6.com.

Dosen IT dari Universitas Gunadarma, Avinanta Tarigan, mengungkapkan salah satu cara untuk mencegah pencurian data digital yaitu dengan meningkatkan literasi digital masyarakat. Terlebih lagi, katanya, kepedulian orang-orang terhadap risiko keamanan digital berbeda, bahkan ada yang tidak peduli.

"Masyarakat harus membudayakan membaca informasi, baik itu pengguna baru ataupun sudah lama, atau yang nanti akan menggunakan internet," tutur Avin.

Pengetahuan mengenai ranah digitl merupakan hal yang sangat penting. Pasalnya, pelaku kejahatan digital saat ini dinilai semakin pintar mencari celah keamanan, tapi di sisi lain juga semakin banyak aplikasi hadir dengan keamanan yang belum maksimal.

"Kombinasi keduanya ini bikin breach, ditambah lagi agennya yaitu malware," katanya.

Ditambahkan Komisioner Komnas HAM, Choirul Anam, pencurian data sendiri dinilai sebagai sebuah pelanggaran HAM. Ia pun berharap akan ada penegakan hukum yang maksimal untuk bisa mencegah pencurian data.

"Menyebarkan data itu masuk ke pelanggaran HAM. Secara prinsip dasar, HAM itu melekat ke dirinya, dan kalau dia tidak setuju, maka tidak bisa," tutur Choirul.

Selain itu, Choirul menekankan bahwa semua pihak harus peduli dengan keamanan data mereka di ranah internet. Menurutnya, jangan mudah percaya dengan informasi apa pun yang belum dipastikan kebenarannya.

"Kita di dalam digital ini harus aware, dan preventif terhadap informasi yang kita punya," jelasnya.

Baca Selanjutnya: Kerja Sama Semua Pihak...

Halaman

(mdk/idc)

TOPIK TERKAIT
more tag

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami