Pengguna Grab Bisa Screening Gejala Covid-19 Lewat Aplikasi

Pengguna Grab Bisa Screening Gejala Covid-19 Lewat Aplikasi
TEKNOLOGI | 28 Maret 2020 15:12 Reporter : Indra Cahya

Merdeka.com - Grab bersama Good Doctor Technology Indonesia telah menandatangani Perjanjian Kerja Sama dengan Kementerian Kesehatan, perihal dihadirkannya layanan khusus pemeriksaan awal atau screening, terkatit gejala Covid-19.

Adapun layanan ini dapat diakses melalui tanya jawab online (telekonsultasi) di platform GrabHealth. Lewat kerja sama ini, GrabHealth yang didukung Good Doctor menjadi salah satu mitra resmi pemerintah untuk screening Covid-19.

Dalam keterangan resmi yang dimuat oleh Tekno Liputan6.com, para pengguna Grab dapat melakukan telekonsultasi langsung dengan mitra dokter yang siaga selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu.

Kolaborasi ini diharapkan membantu masyarakat mengetahui indikasi Covid-19, mulai rendah, sedang, hingga tinggi.

"Layanan tanya jawab online langsung dengan mitra dokter bebas biaya ini akan menjadi langkah pemeriksaan awal penting untuk mengidentifikasi risiko Covid-19 pada masyarakat, sehingga tidak perlu panik dan mendatangai puskesmas atau rumah sakit," tutur Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Oscar Primadi.

Untuk itu, Oscar menyarankan masyarakat memanfaatkan smartphone-nya dan mengakses layanan konsultasi dokter online. Seluruh mitra dokter Good Doctor sudah mendapatkan bekal langsung berupa pedomen konsultasi terstruktur, rekomendasi media akurat, dan informasi terkini soal Covid-19.

1 dari 3 halaman

Tidak hanya konsultasi, pengguna juga dapat mendapatkan rekomendasi dari mitra dokter. Apabila pengguna diindikasikan memiliki risiko rendah atau sedang, mereka akan diminta untuk melakukan isolasi diri sendiri.

Sementara jika pengguna memiliki indikasi dengan risiko tinggi, mitra dokter dapat langsung merekomendasikannya untuk melakukan pemeriksaan di rumah sakit yang memiliki kemampuan penanganan Covid-19.

2 dari 3 halaman

Bantu tenaga Medis

Layanan GrabHealth ini dapat diakses pengguna Grab di Jabodetabek, Bandung, Cirebon, Sukabumi, Yogyakarta, Solo, Semarang, Surabaya, Malang, Sidoarjo, Denpasar, Medan, Palembang, Samarinda, Makassar, dan Manado.

Tidak hanya itu, online screening ini diharapkan dapat mengurangi beban tenaga medis di rumah sakit karena dapat dilakukan di rumah selama social distancing saat ini. Karenanya, petugas medis dapat lebih fokus melayani pasien.

"Good Doctor siap tanggap mendukung dan membantu pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19 ini, dengan didukung sistem teknologi mumpuni, kapasitas pelayanan memadai, dan mitra dokter profesional, kami yakni dapat memberi kontribusi positif signifkan," tutur Manager Director Good Doctor Technology Indonesia Danu Wicaksana.

3 dari 3 halaman

Peningkatan Layanan Tanya Jawab

Danu juga mengatakan, dalam sepekan terakhir layanan tanya jawab seputar Covid-19 meningkat dua puluh kali lipat pada Maret dibandingkan Februari. Layanan ini juga dilengkapi pengantaran produk kesehatan yang bekerja sama dengan Grab dan jaringan mitra apotek berlisensi.

"Hal ini imerupakan bagian dari inisiatif KitavsCorona yang kami luncurkan sebagai wujud upaya bersama memerangi Covid-19. Grab juga akan menyediakan armada khusus layanan transportasi dan pengiriman untuk para tenaga medis di berbagai fasilitas terpilih," tutur Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi.

Kolaborasi ini juga menghadirkan informasi dan edukasi soal Covid-19 di aplikasi Grab. Informasi ini termasuk perkembangan terkini, edukasi, maupun tips pencegahan Covid-19 yang berasal dari Kementerian Kesehatan.

Sumber: Liputan6.com
Reporter: Agustinus Mario Damar (mdk/idc)

Baca juga:
Lacak Penyebaran Covid-19, Pemerintah Kembangkan Aplikasi PeduliLindungi
Pemerintah Permudah Masyarakat Dapat Layanan Penanganan Corona Secara Online
6 Manfaat Aplikasi PIKOBAR, Bisa Lawan Hoax hingga Deteksi 29 Penyakit Pernapasan
Ini Deretan Aplikasi yang Paling Banyak Diakses di Indonesia Kala Work From Home
Steam Pecahkan Rekor Pengguna Harian Karena Ramai Kerja Dari Rumah
Google Gratiskan Fitur Hangouts Meet Untuk Lancarkan Kerja di Rumah
Aplikasi Info Virus Corona Dari Pemerintah Iran Dihapus Google, Mengapa?

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami