Penjelasan Ilmiah Soal Nikmatnya Mendengarkan Musik Sebelum Tidur

Penjelasan Ilmiah Soal Nikmatnya Mendengarkan Musik Sebelum Tidur
TEKNOLOGI | 25 Mei 2020 09:00 Reporter : Indra Cahya

Merdeka.com - Sulit bagi kita jika hidup tanpa adanya musik. Bahkan dengan mudah kita bisa menemukan orang di sekitar kita atau kita sendiri yang bergantung dengan musik.

Bentuknya pun macam-macam. Mulai dari rela merogoh kocek yang mahal untuk menonton konser atau sekedar telinga yang tak pernah lepas dari earphone.

Ladang ilmu pengetahuan pun telah meneliti hal ini. Ditunjukkan bahwa banyak sekali manfaat yang bisa kita raih dengan mendengarkan musik. Melansir Medicaldaily.com, mendengarkan musik terbukti meningkatkan produktivitas, mengurangi tingkat kecemasan, bahkan bisa dalam derajat tertentu menghilangkan nyeri yang dirasakan secara fisik.

Salah satu keutamaan lainnya adalah pencegahan insomnia. Sudah lazim pula bagi orang awam untuk mendengarkan kidung-kidung andalannya untuk menjadi nina bobonya menjelang tidur.

Menurut jurnal yang diterbitkan US Department of Health and Human Services, terdapat 50 hingga 70 juta orang dewasa uang insomnia. Hal ini pun berkaitan secara langsung dengan obesitas, buruknya memori, dan risiko penyakit lain.

Nah, sebuah penelitian menyebut bahwa musik bisa membantu memperbaiki tidur, jika Anda bernasib sama dengan orang-orang yang disebut di jurnal tadi.

1 dari 1 halaman

Melansir hasil survei dengan 600 peserta yang dipublikasikan oleh PLOS ONE, musik klasik jadi andalan untuk nina bobo. Paling populer adalah Johann Sebastian Bach, Wolfgang Amadeus Mozart, Frédéric Chopin dan diikuti oleh musisi arus penting saat ini seperti Coldplay dan Ed Sheeran.

Musik klasik disebut jadi salah satu yang paling populer untuk nina bobo adalah ada asumsi ketenangan yang dibawa oleh musik dengan genre tersebut. Namun ternyata Sleep Foundation menyebut bahwa ukuran 'menenangkan' tiap orang berbeda.

Meski musik klasik secara umum diasumsikan sebagai musik yang menenangkan, tiap orang punya efek berbeda untuk musik yang didengarkan jelang tidur untuk mempengaruhi kualitas tidur.

Disebut, yang paling baik untuk nina bobo adalah musik yang telah kita kenal. Lagu yang kita telah tahu lirik-liriknya, melodinya, serta deretan aspek lain didalamnya yang membuat kita memfavoritkannya. Lagu-lagu tersebut akan membawa ketenangan pada tidur Anda.

Sebaliknya, musik baru, lirik baru, dan aspek baru lainnya dalam lantunan kidung nina bobo Anda, Anda akan tidak sadar menyuruh otak Anda untuk menguraikan musik baru tersebut dan menguras energi dari otak. (mdk/idc)

Baca juga:
Asteroid Besar Akan Dekati Bumi, Bahaya?
Buktikan 'Bumi Istirahat,' NASA Dukung Studi Lingkungan Dampak Pandemi
NASA Bakal Bantu Tom Cruise Untuk Syuting Film di Luar Angkasa
Cara Membuat Magnet Lengkap dengan Penjelasannya, Sederhana dan Mudah Dilakukan
Astronom Berhasil Temukan Lubang Hitam Terdekat Dari Bumi, Ini Jaraknya!
Tiongkok Berhasil Daratkan Pesawat Ruang Angkasa, Siap Misi ke Bulan
Segera, NASA Bakal Kembali Luncurkan Misi Luar Angkasa Berawak

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Menjawab Keluhan, Menyiasati Keadaan - MERDEKA BICARA with Ganjar Pranowo

5