Penjualan iPhone XR dilaporkan buruk, iPhone XS Max paling laris

TEKNOLOGI | 6 November 2018 14:12 Reporter : Indra Cahya

Merdeka.com - iPhone XR memang versi lebih murah dari iPhone XS dan XS Max. Namun dari kamera, prosesor, ketahanan, hingga pilihan warna, iPhone XR sama sekali tak kalah dengan 'kakak-kakaknya.'

Namun berdasarkan apa yang dilaporkan Phone Arena, nampaknya penjualan iPhone XR tak mengagumkan. Setelah mencetak angka pre-order yang tak sebaik duo XS, mengutip Nikkei Asian Review, disebut bahwa gelombang selanjutnya dalam produksi iPhone XR telah dibatalkan. Hal ini telah diprediksi sebelumnya oleh para pakar industri bahwa Apple "menaksir terlalu tinggi" jumlah permintaan dan penjualan iPhone XR.

Disebut juga bahwa Foxconn, produsen elektronik yang merakit iPhone XR, hanya menggunakan "45 jalur produksi" dari total 60 yang disiapkan untuk memproduksi iPhone XR sesuai permintaan Apple.

Selain itu, Pegatron yang juga partner Apple dalam memproduksi iPhone, juga disebut "menangguhkan rencana untuk meningkatkan produksi," dan saat ini sedang "menunggu instruksi lebih lanjut" dari Apple soal iPhone XR. Wistron yang juga merupakan perusaahan partner Apple, mengalami hal yang senada.

Apple sendiri sering diterpa gosip soal "tidak laku" semacam ini. Tahun lalu iPhone 8 dan iPhone 8 Plus mengalami fenomena semacam ini pula. Akhirnya, Apple baru-baru ini mengumumkan bahwa unit pengkapalan akan dihapus dari laporan keuangan tahunan atau per kuartal Apple. Apple hanya menunjukkan pemasukan, yang mana itu tetap jadi yang terbaik di jajaran industri smartphone.

Bagaimana tidak, penjualan iPhone XS Max sendiri masih di atas XS dan XR, padahal itu adalah iPhone termahal Apple saat ini. Belum lagi, penjualan iPhone model lawas pun masih terus berjalan dan produksi makin giat.

Baca juga:

iPad Pro 2018 sah terbukti jadi gadget mobile tercepat, lebih cepat dari laptop!

Gandeng Skyroam Simo, Wiko luncurkan ponsel dengan simcard virtual

Deretan keunggulan Xiaomi Mi A2, smartphone canggih 3,7 jutaan!

Samsung vs Apple: Samsung lebih produktif, Apple lebih kaya

Menurut survei, seperlima pengguna Android ingin pindah ke iPhone

Harga Nokia 6, Nokia 3, Nokia 5, Nokia 1, dan Nokia 8, Android Murah Berkualitas!

Ada beragam bakteri bersemayam di smartphone

(mdk/idc)

TOPIK TERKAIT