Penyebab-Penyebab Sepele HP Jadi Tambah Lemot

TEKNOLOGI | 19 Juni 2019 06:20 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta

Merdeka.com - Handphone atau HP menjadi salah satu kebutuhan yang paling penting saat ini. Setiap aktivitas pasti membutuhkan HP. Biasanya dalam satu HP tersimpan banyak aplikasi, salah satunya aplikasi pesan singkat.

Tapi jika HP mulai lemot, berarti ada yang harus diperiksa dari hp Anda. Berikut beberapa penyebab sepele HP menjadi lemot:

1 dari 4 halaman

Banyak Aplikasi yang Muncul di Background

Pasti banyak aplikasi yang dipasang di ponsel kalian. Tapi perlu diketahui, salah satu penyebab ponsel lemot adalah banyak aplikasi yang terpasang. Padahal aplikasi tersebut jarang atau tidak pernah digunakan.

Belum lagi aplikasi itu memakan banyak memori HP. Padahal hanya memori HP yang tersedia terbatas. Alhasil sistem HP menjadi lama. Perlu diketahui, HP memiliki memori terbatas (RAM, ROM, dan sejenisnya), yang harus dibagi untuk aplikasi-aplikasi dalam HP.

2 dari 4 halaman

Memori Internal HP Penuh

Semakin lama, memori internal HP akan semakin penuh karena banyaknya data yang tersimpan di HP. Jika sudah memori penuh, maka sistem HP akan semakin melambat.

Biasanya memori HP dipenuhi dengan aplikasi yang banyak, foto yang sudah bertahun-tahun dan video yang tidak terhapus. Belum lagi file cache aplikasi yang tidak terdeteksi, yang makin membuat sistem HP melambat.

3 dari 4 halaman

Usia Baterai HP

Tak hanya masalah penuhnya memori HP, usia baterai juga pengaruhi sistem HP yang lemot. Baterai HP mulai bocor setelah digunakan selama dua sampai tiga tahun.

Untuk mengetahuinya, Anda bisa melihat seberapa lama Anda melakukan pengisian data baterai HP. Biasanya hanya dua jam baterai sudah terisi penuh. Tapi jika dalam dua jam, baterai belum terisi penuh, berarti baterai HP Anda "bocor".

Untuk atasi masalah ini, ada baiknya Anda mengisi daya semalaman dan juga tak membiarkan HP mati kehabisan daya.

4 dari 4 halaman

Pembaruan Os dan Aplikasi

Pembaruan Os dan aplikasi menjadi penyebab lambannya HP yang paling sering dialami banyak orang. Semakin lama, akan semakin banyak aplikasi yang digunakan. Aplikasi-aplikasi tersebut selanjutnya akan meminta pembaruan untuk menambah fitur aplikasi.

Jika sudah melakukan pembaruan Os dan aplikasi, maka akan banyak memori yang digunakan. Namun memori HP yang terbatas tak bisa menampung banyaknya memori dari hasil pembaruan ini. Alhasil HP menjadi semakin lemot.

Meskipun begitu, sebagian besar aplikasi hanya memakan beberapa MB RAM, bukan GB. Dan sebagian aplikasi juga dirancang dengan mempertimbangkan daya tahan baterai HP.

Tapi saat ini, Android memiliki pengingat untuk para pengguna untuk menghapus aplikasi yang menguras baterai. (mdk/has)

Baca juga:
5 Cara Membersihkan Laptop Secara Efektif, Bersih Anti Ngadat!
Cara Pasang Alat Pelacak Untuk Smartphone
Cara Matikan Auto-Correct di Android Agar Tak Sering Typo
Tips Periksa dan Perbaiki Smartphone yang Tak Bisa Dicas
4 Tips Penggunaan Instagram Agar Tak Boros Paket Data
3 Cara Perbaiki Citra Online Shop Anda Setelah Kena Review Buruk