TekMatis

Peralatan wajib para pemburu hantu

TEKNOLOGI | 11 September 2013 15:48 Reporter : Dwi Andi Susanto

Merdeka.com - Dalam sebuah survei yang pernah dilakukan oleh CBS News pada tahun 2005 silam, ada banyak orang di Amerika Serikat sana yang percaya akan keberadaan hantu.

Namun, dari banyaknya persentase yang percaya akan eksistensi hantu, tidak sedikit yang justru tidak mempercayainya dan mengatakan bahwa hantu itu tidak ada dan yang ada hanyalah sebuah energi manusia yang sudah mati.

Walaupun masih terjadi pro dan kontra, tetap saja ada banyak orang yang mendedikasikan sebagian hidup mereka untuk menjadi seorang pemburu hantu.

Mengesampingkan mereka yang tidak mempercayai akan keberadaan hantu, ira-kira apa saja yang diperlukan untuk menangkap keberadaan makhluk halus ini?

Dikutip dari berbagai sumber termasuk Gizmag (23/03/2011), ada beberapa perangkat elektronik dan gadget khusus bagi para pemburu hantu. Perangkat tersebut antara lain:

1 dari 8 halaman

EMF Meter

Alat untuk berburu hantu. © Absurdnoize.com

Perangkat satu ini berfungsi untuk mendeteksi energi dan medan dan gelombang elektromagnetik di suatu tempat. Menurut beberapa pakar, hantu memiliki energi dan dapat mengeluarkan gelombang elektromagnetik khusus dibandingkan manusia normal.

2 dari 8 halaman

Thermometer

Alat untuk berburu hantu. © Absurdnoize.com

Selain harus mengerti mengenai medan magnet di sekitar, diperlukan juga alat yang dapat mendeteksi temperatur udara di suatu tempat. Menurut para pakar, suhu tempat yang 'mengandung' hantu lebih dingin dibandingkan sekitarnya.

3 dari 8 halaman

Digital audio recorder

Alat untuk berburu hantu. © Absurdnoize.com

Biasanya, ada hantu yang mencoba berinteraksi dan berkomunikasi dengan manusia. Untuk dapat mendengarkannya, dibutuhkan sebuah perangkat yang dilengkapi dengan fasilitas perekaman suara. Menurut Wikipedia, perangkat-perangkat perekam suara itu dinamakan juga electronic voice phenomena (EVP).

4 dari 8 halaman

Ghost box atau kotak hantu

Alat untuk berburu hantu. © Absurdnoize.com

Selain menggunakan perangkat EVP, diharapkan juga untuk membawa sebuah kotak yang dinamakan Ghost box atau Spirit box. Fungsinya mirip seperti radio yaitu untuk melacak frekuensi khusus di suatu tempat.

5 dari 8 halaman

Pendeteksi gerak

Alat untuk berburu hantu. © Absurdnoize.com

Dibutuhkan pula pendeteksi gerak untuk mengetahui pergerakan segala sesuatu di tempat yang dituju. Pada umumnya, perangkat elektronik pendeteksi gerak ini sudah dilengkapi dengan fasilitas untuk dapat terintegrasi dengan kamera digital. Dan ketika ada sesuatu yang bergerak, maka kamera digital dapat secara langsung mengabadikannya.

6 dari 8 halaman

Kamera Inframerah

Alat untuk berburu hantu. © Absurdnoize.com

Salah satu perangkat yang penting adalah kamera Inframerah. Dengan menggunakan kamera ini, diharapkan semua hal yang tidak dapat terdeteksi mata manusia dapat terlihat dengan menggunakan alat ini. Perangkat Inframerah terkadang juga digunakan untuk melihat tempat-tempat yang tidak memiliki pencahayaan atau gelap.

7 dari 8 halaman

Kamera digital

Alat untuk berburu hantu. © Absurdnoize.com

Salah satu yang sangat dibutuhkan untuk merekam momen eksistensi hantu adalah kamera. Dengan menggunakan kamera, maka selain dapat untuk mengabadikan gambar atau foto saja, perangkat ini juga dapat dipergunakan untuk merekam setiap gerakan secara nyata dan real-time.

8 dari 8 halaman

Kompas

Alat untuk berburu hantu. © Absurdnoize.com

Menurut para pakar, dikarenakan para hantu memancarkan gelombang elektromagnetik khusus, maka tempat-tempat yang 'mengandung' mereka tersebut dapat mudah dideteksi dengan menggunakan sebuah kompas. Hal tersebut dikarenakan kompas akan berputar tak karuan apabila mendapati suatu tempat yang memiliki medan magnet kuat.

(mdk/das)

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.