Perancang iPhone Jony Ive Hengkang Dari Apple

TEKNOLOGI | 28 Juni 2019 10:32 Reporter : Indra Cahya

Merdeka.com - Kepala divisi desain dan produk dari Apple yakni Jonathan Ive atau lebih dikenal sebagai Jony Ive, resmi keluar dari Apple.

Melansir BBC, Jony Ive yang sebelumnya menjabat Chief Design Officer dari Apple, keluar untuk mendirikan perusahaan desain miiliknya sendiri secara independen.

Dalam keterangan resmi Apple, ia mengungkapkan betapa bangganya ia berkontribusi 30 tahun di perusahaan teknologi besutan Steve Jobs tersebut.

"Setelah hampir 30 tahun serta proyek yang tak terhitung, saya bangga dengan pekerjaan yang kami lakukan untuk membentuk tim desain, proses, serta budaya di Apple yang luar biasa," ungkap Ive dalam keterangan resmi dari Apple.

Perusahaan yang akan dibesut oleh Ive sendiri akan menjadikan Apple sebagai klien utama.

"Ive dan perusahaan barunya akan terus bekerja sama dalam proyek Apple," tulis pernyataan Appple.

Apresiasi Tim Cook

CEO dari Apple yakni Tim Cook juga memberi apresiasi atas kontribusi Ive selama ini. Cook menyebut bahwa Ive adalah sosok penting dalam industri desain produk di tubuh Apple.

"Jony adalah sosok tunggal di industri desain Apple dan kontribusinya dalam kebangkitan Apple tak bisa dipandang sebelah mata, mulai dari iMac hingga iPhone serta ambisi yang belum ada sebelumnya yakni Apple Park yang sangat menyedot energi dan perhatiannya," tulis Cook.

Cook juga menyambut dengan gembira soal kelanjutan hubungan Ive dengan Apple meski kini sebagai vendor dan klien di masa depan.

Sebagai catatan, posisi Ive akan digantikan oleh Evans Hankey yang merupakan wakil presiden desain industrial dari Apple, serta Alan Dye yang sebelumnya menampuk wakil presiden desain Human Interface. Keduanya berada di bawah pengawasan COO Apple, Jeff Williams yang kini bekerja bersama Sabih Khan yang menjabat wakil presiden senior untuk operasi Apple.

Baca juga:
Bos Desain Produk Apple Mundur
Samsung Minta Apple Bayar Pinalti soal Layar OLED
Apple Digugat Lantaran iPad Meledak
Baterai Mudah Panas, Beberapa Tipe MacBook Pro 15 Inci Ditarik Apple
Apple Masih Menggenggam Pasar Smartphone Premium
30 Persen Produksi Apple Akan Dipindah ke Luar China
Jika China dan AS Makin Memanas, Apple Siap Pindahkan Pabrik

(mdk/idc)

TOPIK TERKAIT