Perang Smartphone Murah Samsung Galaxy M20 VS Redmi Note 7, Mana yang Terbaik?
TEKNOLOGI | 11 Februari 2019 15:51 Reporter : Indra Cahya

Merdeka.com - Jika berbicara soal smartphone murah yang rilis belakangan, nampaknya dua nama ini adalah yang tersohor: Samsung Galaxy M20 dan juga Redmi Note 7.

Redmi Note 7 berhasil mencuri perhatian dengan sematan kamera 48MP dan juga pilihan RAM 6GB. Namun Samsung M20 muncul dengan harga murah yang tak lazim dari Samsung, desain poni waterdrop yang disebut Infinity V, dual kamera, serta baterai kapasitas raksasa.

Harga dari keduanya pun cukup mengagetkan karena dengan spesifikasi menengah ke atas, kita bisa mendapatkan dua gadget ini dengan harga smartphone entry-level.

Nah, mari kita bandingkan satu persatu aspek, fitur, dan spesifikasi dari Samsung M20 dan Redmi Note7. Berikut ulasannya.

Layar

Soal layar, kedua smartphone ini mengusung panel, resolusi, aspek rasio, dan juga bentang layar yang sama. Keduanya mengusung panel LCD dengan bentang 6,3 inci, resolusi Full HD+ (2340x1080), aspek rasio 19,5:9 serta sentuhan lengkung kaca 2.5D.

Keduanya juga menggunakan poni atau notch tipe waterdrop yang nampaknya trennya masih belum akan surut di industri smartphone.

Prosesor

Soal prosesor, keduanya mengusung otak yang berbeda meskipun berada pada satu kelas. Redmi Note 7 mengusung Snapdragon 660 yang dipadu pilihan RAM 4GB atau 6GB. Sementara Samsung M20 mengusung prosesor buatan sendiri yakni Exynos 7904 yang dipadu RAM 3GB.

Software

Soal software, nampaknya Redmi lebih unggul. Pasalnya Redmi Note 7 sudah mengusung MIUI 10 berbasis Android Pie langsung dari kotaknya. Sementara Samsung M20 masih menggunakan UI Samsung Experience 9.5 yang berbasis Android Oreo 8.1.

Kamera

Soal Kamera adalah aspek yang layak diadu. Pasalnya Redmi Note 7 memasarkan produknya dengan embel-embel kamera beresolusi tinggi yakni 48MP. Spesifikasi kameranya pun menarik, mulai dari bukaan f1.8 yang lebar, ukuran piksel 0,8 nanometer teknologi autofokus cepat Phase Detection Auto Focus (PDAF), stabilisasi elektrik EIS, serta kamera sekunder 5MP. Soal kamera depan, terdapat kamera 13MP untuk selfie.

Sementara Samsung M20 hanya mengusung kamera 13MP, yang sebenarnya merupakan ciri khas Samsung untuk tidak mengumbar megapiksel kamera dan fokus pada kualitas. Spesifikasi lengkapnya berupa bukaan f1.9, Phase Detection Auto Focus (PDAF), serta kamera sekunder 5MP berjenis ultra-wide. Kamera depannya beresolusi 8MP untuk selfie.

Baterai

Soal baterai, keduanya sama-sama mengusung kapasitas baterai raksasa. Redmi Note 7 mengusung kapasitas 4.000mAh dengan dukungan Quick Charge, sementara Samsung M20 mengusung 5.000mAh dengan dukungan fast charging. Keduanya adalah smartphone dengan daya tahan dua hari serta dapat dicas dengan kecepatan tinggi.

Harga

Berikut harga Redmi Note 7. Sebagai catatan, ini adalah harga dengan banderol saat diluncurkan di Tiongkok. Harga bisa berubah ketika perangkat ini masuk ke Indonesia.

Harga Redmi Note 7 3GB/32GB: 150 USD atau setara 2,1 juta Rupiah
Harga Redmi Note 7 4GB/64GB: 177 USD atau setara 2,5 juta Rupiah
Harga Redmi Note 7 6GB/64GB: 206 USD atau setara 2,9 juta Rupiah

Perbandingannya, berikut harga Samsung M20:

Samsung membanderol Galaxy M20 dengan RAM 3GB dan ROM 32 GB (bisa ditambah kapasitan ROM menjadi 512 GB) Rp 2.799.000. Selain itu juga terdapat dua pilihan warna premium yakni Charcoal Black dan Ocean Blue. Soal pendistribusian di Indonesia, Samsung mengganteng 3 mitra e-commerce yaitu Lazada, Blibli, dan JD.id.

Mana yang terbaik menurut Anda?

Baca juga:
Samsung Rilis Galaxy M20, Berapa Harganya?
Samsung Galaxy M30, Smartphone Murah Terbaik Dari Lini M Samsung
Vivo Umumkan V15 Masuk Indonesia
Sony Akan Rilis Smartphone Rasio Layar 21:9, Cocok Untuk Nikmati Konten Video!
Ini Deretan Smartphone yang Rilis Radiasi Terbesar dan Terkecil
Ini Beberapa Fitur iPhone yang Bikin Iri Pengguna Android
Samsung Segera Rilis Smartphone Dengan Kamera Selfie Pop-up

(mdk/idc)