Petinggi Apple Olok Laptop Besutan Google, Sebut Gadget 'Murah'

TEKNOLOGI | 18 November 2019 13:44 Reporter : Indra Cahya

Merdeka.com - Kepala pemasaran Apple baru saja mengomentari salah satu gadget besutan Google yang dikenal mendapat banyak ulasan baik.

Melansir Business Insider, dalam wawancaranya dengan CNET, Phil Schiller yang merupakan VP senior pemasaran global Apple, ditanya soal pertumbuhkan pengguna Chromebook di kalangan pendidikan.

"Chromebook jadi pilihan di sekolah karena, terus terang, itu adalah alat murah untuk digunakan di ujian," ungkap Schiller.

Schiller menyatakan bahwa penelitian Apple di masa lalu soal hasil pendidikan, menemukan bahwa anak-anak yang menggunakan teknologi akan berkinerja baik.

Namun, Chromebook hanya disebut Schiller baik untuk ujian saja. Jika siswa menggunakan Chromebook murah tersebut untuk apapun selain ujian, Schiller mengklaim bahwa siswa "tidak akan sukses."

1 dari 1 halaman

Mahalnya Produk Apple

Chromebook sendiri menggunakan deretan software andal Google, namun memang menggunakan hardware dari pihak ketiga. Oleh karena itu, Google bisa membanderolnya dengan harga murah untuk dunia pendidikan dan jadi populer di sekolah.

Schiller memang menawarkan kritik yang tepat, namun perusahaannya memang memasang harga tinggi untuk produk besutannya, dibandingkan deretan pesaingnya.

Bahkan, Schiller mengklaim bahwa iPad adalah "alat utama bagi anak untuk belajar," sembari memperlihatkan kurikulum IT untuk anak besutan Apple yakni Everyone Can Code, serta aplikasi Swift Playgorund yang memang ramah pendidikan.

Schiller juga menyebut bahwa siswa memerlukan akses ke teknologi canggih seperti Apple untuk berhasil di kelas.

Lebih lanjut, setelah Schiller akhirnya melakukan klarifikasi atas pernyataannya ini. Ia menyebut bahwa di menolong siswa di dinia pendidikan "selalu jadi misi Apple."

Menurut Anda? (mdk/idc)

Baca juga:
Setelah Apple dan Facebook, Google Juga Akan Merambah Fintech
Ini 12 Judul Gim yang Rilis Saat Peluncuran Google Stadia
Cara Membuat Email Google Baru di iPhone, Android, dan Komputer
Android Tersandung Bug, Notifikasi Gmail Telat Masuk
Akuisisi Fitbit Oleh Google, Siap Ungguli Dominasi Apple di Industri Smartwatch!
Mengenal BERT, Teknologi Canggih di Balik Akuratnya Pencarian Google
Pemerintah Aceh Protes Terjemahan Google Bernada Rasisme

TOPIK TERKAIT