PewDiePie Akhirnya Kalah Jumlah Subscriber dari T-Series

TEKNOLOGI | 4 April 2019 11:30 Reporter : Indra Cahya

Merdeka.com - PewDiePie yang sempat bertahun-tahun jadi Youtuber dengan subscriber terbanyak, kini tak lagi memegang tahta tersebut.

Pasalnya, YouTuber gaming asal Swedia tersebut disalip oleh label musik India T-Series pada Sabtu (30/1/2019).

Dilansir Business Insider via Tekno Liputan6.com, pada Sabtu pagi, T-Series berhasil mengantongi 92 juta subscriber. Jumlah subscriber ini telak mengalahkan PewDiePie yang waktu itu perbedaannya sangat tipis, tepatnya 91,8 juta subscriber.

Sebelumnya, channel PewDiePie dan T-Series memang berkompetisi sengit soal jumlah subscriber selama beberapa bulan terakhir.

Padahal jika dibandingkan, kedua channel memiliki konsep dan kategori yang berbeda, PewDiePie adalah channel gaming yang berfokus pada walkthrough dengan komentar khasnya, sedangkan T-Series adalah label musik India dan produksi film Bollywood.

PewDiePie ©2019 Merdeka.com

Channel T-Series sendiri berisikan sejumlah konten yang kebanyakan video klip, konser, audio lagu-lagu India, serta trailer film yang ditujukan untuk pasar India. Selama beberapa tahun, jumlah subscriber T-Series terus meningkat tajam.

Sekedar informasi, PewDiePie memang adalah sosok Youtuber kontroversial. Guyonannya kerap mengundang amuk warganet. Seperti deretan lelucon anti-Yahudi dan pro Nazi dan dukungan terhadap ekstremis.

Meski ia berkilah hanya bercanda, hal ini membuat kanalnya terkena demonetisasi dari Youtube dan dicopot dari pemasaran sponsor premium, dipecat Youtube setelah membintangi satu musim acara di Youtube Red, pemutusan kontrak sponsor di luar Youtube, serta dipecat oleh Disney dari mega proyeknya untuk Youtube. Sebelum kontroversi ini, penghasilan pertahun PewDiePie bisa mencapai angka Rp 180 miliar.

Sumber: Tekno Liputan6.com (mdk/idc)

Baca juga:
Tembus 1 Juta Subscriber, Andovi da Lopez Berikan Beasiswa
Artis Banyak Jadi YouTubers, Ria Ricis Mulai Terancam?
Ini Deretan YouTuber Dengan Subscribers Terbanyak di Indonesia!
Ikuti Gaya Baim Wong, Atta Halilintar Dianggap Plagiat
Keluar dari Penjara, Ahok Ungkap Alasan Ingin Jadi YouTuber
Ini Alasan Youtuber dan Selebgram Mangkir Bayar Pajak
Usai E-commerce, Pemerintah Diminta Kejar Pajak Youtuber dan Selebgram

TOPIK TERKAIT

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.