Pixel Slate: tablet kompetitor iPad yang mewah dan cerdas

TEKNOLOGI | 12 Oktober 2018 13:33 Reporter : Indra Cahya

Merdeka.com - Di samping peluncuran Google Pixel 3 dan Pixel 3 XL pada Rabu (10/10/2018) kemarin, Google juga merilis produk tablet: Pixel Slate.

Google akhirnya kembali terjun di ranah tablet setelah sebelumnya lebih fokus pada Chromebook. Kehadiran Pixel Slate yang punya tampilan mewah serta spesifikasi papan atas ini pun jadi penantang iPad Pro yang sebelumnya adalah dominator di pasar tablet papan atas.

Berikut deretan fitur dan spesifikasi dari Pixel Slate, dikutip dari Phone Arena pada Kamis (11/10/2018).

Desain

Pixel Slate memiliki desain yang minimalis dengan frame berbasis alumunium yang tipis dan ringan. Meski tipis, terdapat dua buah speaker, tombol power yang juga fingerprint sensor, serta dua buah port USB-C, dan tanpa adanya headphone jack.

Tablet ini akan makin lengkap dengan paket pembelian terpisah berupa keyboard yang akan membuat tablet ini menjadi sebuah laptop.

Layar

Pixel Slate mengusung layar 12,3 inci dengan resolusi 3000 x 2000 yang diberi nama "Molecular Display" oleh Google. Dengan kerapatan piksel tersebut, gambar akan makin tajam, jernih, mendetil, serta tone warna yang lebih menyala. Terdapat juga aksesoris terpisah berupa stylus yang bernama Pixelbook Pen.

Laman Antarmuka

Chrome OS milik Google sudah terbukti jadi OS yang andal, dan itulah mengapa tablet ini diisi oleh Chrome OS alih-alih Android. Terlihat bahwa tujuan Google ingin konsumen memanfaatkan tablet ini lebih ke arah desktop, namun masih dengan kemasan yang sangat mobile.

Performa

Soal dapur pacu Pixel Slate, terdapat dua varian. Varian pertama adalah yang mengusung prosesor Intel Celeron dengan RAM 4GB atau 8GB. Varian kedua adalah yang lebih bertenaga, dengan dimotori prosesor Intel COre i7 dengan RAM 16GB. Soal memori internal, hanya terdapat dua pilihan yakni 64GB dan juga 256GB.

Kamera

Tablet tak begitu lazim memiliki kamera yang menakjubkan. Pixel Slate pun sebenarnya demikian, namun tablet ini memiliki kamera depan 8MP yang mengusung lensa wide-angle. Tentu, ini dimaksudkan untuk fitur video call yang lebih baik. Untuk selfie, tablet ini cukup mampu untuk digunakan untuk selfie-grup dan memiliki Portrait Mode.

Baterai

Google memberikan klaim bahwa baterai dari Pixel Slate bisa bertahan 10 jam. Namun mengingat ini adalah perangkat mobile computing, nampaknya daya tahan baterai sangat tergantung pemakaian. Bisa jadi, jika Anda adalah orang yang bergantung pada perangkat mobile untuk melakukan berbagai pekerjaan, baterai akan habis tanpa menunggu 10 jam. Jika Anda pengguna rata-rata, mungkin baterai bahkan bisa habis seharian.

Harga

Tablet ini dihargai mulai dari 599 dollar atau sekitar 9 juta Rupiah. Ini adalah angka yang kompetitif, karena masih lebih murah ketimbang iPad Pro dari Apple. Namun untuk varian yang lebih mahal, dan jika ditambah Pixelbook Pen dan Keyboard, Anda bisa habis 1.600 Dollar atau sekitar 24,3 juta Rupiah.

Baca juga:
Google Pixel 3 akan rilis di 13 negara, Indonesia absen
Fitur dan Spesifikasi dari Pixel 3 dan Pixel 3 XL, smartphone Google paling cerdas!
Pixel 3 dan Pixel 3 XL resmi rilis, smartphone layar lebar dengan dual kamera depan!
5 Produk Google Pixel yang akan rilis nanti malam
Pastikan peluncuran Pixel 3, Google mulai tebar undangan
Oktober mendatang Google bakal umumkan Pixel 3?
Makin lama, kamera smartphone makin luar biasa

(mdk/idc)