Pohon ini ternyata memiliki partikel emas di dahan dan daunnya!

TEKNOLOGI | 30 Oktober 2013 07:09 Reporter : Yoga Tri Priyanto

Merdeka.com - Laporan terbaru yang dipublikasikan dalam jurnal Nature Communications, mengungkapkan bahwa peneliti telah menemukan partikel emas dalam daun serta cabang-cabang di sebuah pohon Eucalyptus, yang tumbuh di Kalgoorlie, Australia Barat.

Peneliti menjelaskan bahwa penyelidikan mereka menemukan sesuatu yang luar biasa, yaitu pohon yang memiliki kandungan emas dan menyimpannya pada dahan serta daunnya. Bahkan menurut peneliti, emas tersebut diserap dari tanah bersama air untuk dijadikan nutrisi oleh pohon.

Pohon Eucalyptus memiliki akar yang panjang hingga puluhan meter di bawah tanah. Kemudian pohon ini memanfaatkan pompa hidrolik untuk mengangkat air yang mengandung emas," ujar ahli geokimia, Dr mel Lintern, seperti yang dikutip dari Science News (28/10).

Menurut dia, partikel emas yang tersimpan dalam pohon tersebut memiliki ukuran diameter sekitar lima kali lebih kecil daripada rambut manusia rata-rata.

Dengan penemuan ini, peneliti akan mengembangkan sebuah ide baru, yakni memanfaatkan pohon Eucalyptus untuk mengikat emas dan mendapatkannya untuk digunakan sebagai penggalian tanpa bor. Selain menghemat biaya, pemanfaatan pohon Eucalyptus untuk menarik emas dari tanah juga tidak akan merusak ekosistem tanaman seperti yang sudah banyak terjadi selama ini.

Baca Juga:

Sumber dari segala kehidupan ternyata bukan berasal dari bumi

Upaya manusia melawan sakit, tua dan kematian

Urusan buang air kecil, manusia tak ada bedanya dengan gajah

Orang inggris ternyata pernah makan katak

Anak-anak tidak terlalu butuh gadget!

(mdk/ega)