Populasi salamander berkurang drastis akibat infeksi jamur

TEKNOLOGI | 4 September 2013 10:47 Reporter : Feronika Azmil

Merdeka.com - Dalam penelitian terbaru menunjukkan bahwa populasi salamander api di Belanda menurun drastis akibat terinfeksi jamur pemakan kulit.

Dilansir dari Softpedia (4/9), sejak tahun 2010 hingga saat ini, populasi salamander api yang hidup di wilayah negara kincir angin tersebut berkurang sebanyak 4 persen.

Para peneliti mengidentifikasi spesies jamur baru yang menjadi penyebab berkurangnya populasi salamander tersebut. Spesies jamur pemakan kulit tersebut diberi nama Batrachochytrium salamandrivorans.

Para ahli berteori bahwa spesies jamur yang menyerang hewan amphibi tersebut diperkirakan bukan berasal dari wilayah asli daerah tersebut, melainkan spesies yang berasal dari wilayah lain.

Jika masalah ini tidak segera ditangani, para peneliti khawatir akan ada lebih banyak spesies salamander yang akan ikut diserang oleh jamur pemakan kulit ini. (mdk/fra)

TOPIK TERKAIT

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.