Program Smartfren WOW Diklaim Tekan Konsumen Ganti Nomor

TEKNOLOGI | 30 Oktober 2019 15:47 Reporter : Fauzan Jamaludin

Merdeka.com - Meski registrasi prabayar telah diberlakukan, namun perilaku masyarakat negeri ini masih doyan gonta ganti SIM Card. Hal itu disampaikan oleh Deputy CEO Smartfren, Djoko Tata Ibrahim.

Menurutnya, untuk menurunkan perilaku konsumen yang masih kerap gonta ganti kartu, maka Smartfren menerapkan program Smartfren WOW. Program ini sederhananya, pengguna Smartfren akan mendapatkan poin setiap kali melakukan aktivitas komunikasinya. Poin tersebut dapat ditukarkan dengan bentuk kupon.

Kupon tersebut nantinya bisa dikirimkan untuk diikutkan undian. Beragam undian seperti Rumah, mobil, motor dan lain-lain akan diberikan Smartfren bagi konsumen yang beruntung.

"Banyak sekali orang yang masih suka pakai buang. Dengan adanya pembaharuan semacam ini, orang akan berpikir ulang soal poin. Saat itu, orang akan nyaman dan ketagihan dengan program poin ini," kata Djoko kepada awak media di Jakarta, Rabu (30/10).

Terlepas dari program tersebut, kata Djoko, terdapat dampak yang cukup positif bagi Smartfren. Hal itu lantaran konsumen akan merasa nyaman menggunakan Smartfren dan terus melakukan aktivitas dengan menggunakan nomor yang sama.

"Tentunya pengaruh dalam arti begini, kalau orang sudah nyaman orang tidak akan berpindah. Bahasanya churn rate. Nah, kita bersyukur program ini selain mendatangkan banyak konsumen baru, juga sedikit konsumen yang pergi," ungkapnya.

Dilanjutkan Djoko, saat ini churn rate atau prosentase pengguna layanan tidak berlanjut mencapai 30 persen. Angka itu dianggapnya masih batas wajar. Smartfren, kata Djoko, akan terus menekan angka churn rate itu hingga mencapai 25 persen di tahun depan.

"Kita akan mencoba mengurangi hingga menjadi 25 persen. Perlu diketahui ya, angka 1 persen saja sudah besar loh," jelasnya.

Dengan mengurangi churn rate, Djoko meyakini akan berdampak terhadap pertumbuhan pelanggan Smartfren. Saat ini, jumlah pengguna layanan Smartfren menyentuh angka 22 juta. Ditargetkan konsumen Smartfren akan terdongkrak hingga 25 juta di tahun depan.

"Syukur kalau bisa sentuh angka 27 juta pelanggan," terang dia.

Baca juga:
Smartfren Belum Bisa Pastikan Waktu Penjualan Bundling iPhone 11
Orang Tegal Ini Dapat Undian Rumah Senilai Rp 1 M dari Smartfren
Smartfren Bangun Infrastruktur di Pontianak dan Singkawang
Niki Zefanya Meriahkan Smartfren WOW Concert 2019!
Smartfren WOW Concert 2019, Ajak Generasi Muda Meraih Mimpi

(mdk/faz)

TOPIK TERKAIT