Proyekin, peserta The NextDev 2018 Batam yang bikin praktis pemesanan bahan bangunan

TEKNOLOGI | 7 Agustus 2018 08:26 Reporter : Zaki

Merdeka.com - Startup kini sedang jadi ranah bisnis baru yang banyak dilirik, terutama di kalangan anak muda. Berawal dari ide sederhana yang ingin menjawab berbagai permasalahan, ditunjang kemampuan atau pengetahuan tentang teknologi, siapa saja kini berpeluang membesut perusahaan rintisan digital.

Potensi ini ditangkap dengan baik oleh The NextDev sebagai platform early stage startup di Indonesia. Memasuki tahun keempatnya, ajang startup tahap awal terbaik di tanah air ini bukan hanya memberikan kesempatan sebesar-besarnya untuk menggali ilmu, pelatihan, hingga akses pendanaan tapi juga memberi sumbangsih ke bangsa.

Lewat tema besar, “Tanpa The NextDev, Indonesia Kehilangan Platform Early Stage Startup”, The NextDev 2018 ingin menjaring startup yang mampu memberikan perubahan baik. Dari Talent Scouting Batam misalnya, ada salah satu startup yang patut mendapat perhatian bernama Proyekin.

Berawal dari Pengalaman Pribadi

Ide merintis Proyekin ini sebenarnya sudah ada sejak September 2017, saat founder menjadi pemborong atau kontraktor pemula yang menangani sebuah proyek. Saat itu, kesulitan muncul saat harus menemukan supplier bahan bangunan dengan harga yang terjangkau dan terdekat dari lokasi proyek, sehingga dapat menghemat budget. Hal ini yang kemudian mendorong terbentuknya Proyekin dengan versi private beta yang diluncurkan pada bulan Februari 2018 dan disempurnakan dengan versi public beta baru pada Juli 2018.

Proses Panjang

Tergerak untuk membantu tenaga seprofesi untuk mendapatkan harga bahan bangunan yang transparan serta lebih efektif dalam pemesanan hingga pengiriman, Proyekin digarap dengan serius. Setelah tahap perumusan ide, dilanjutkan dengan melakukan survei ke calon pengguna dan membuat prototipe. Belum selesai, proses ini dilanjutkan ke tahap development untuk memastikan produk dapat dipakai oleh pengguna.

Penasaran lebih jauh tentang Proyekin, cek di sini, yuk!

(mdk/aki)