Advertorial

Punya Budget Rp 2 Jutaan, Sebaiknya Pilih Honor 9i atau Xiaomi Redmi Note 5?

TEKNOLOGI | 4 Januari 2019 19:25 Reporter : Zaki

Merdeka.com - Tahun baru rasnya kurang lengkap tanpa keberadaan smartphone baru di genggaman tangan. Tak perlu khawatir apabila kondisi keuangan belum terlalu kondusif. Pasalnya, ada banyak sekali ponsel medium level yang diluncurkan pada tahun 2018 lalu dan cocok untuk menemanimu menyambut tahun baru. Dua di antaranya yang patut masuk perhitungan adalah Honor 9i dan Xiaomi Redmi Note. Dari keduanya, mana yang kira-kira lebih worth it?

Dapur Pacu

Kedua smartphone ini sama-sama diluncurkan di Indonesia pada tahun 2018. Xiaomi Redmi Note 5 dirilis bulan Maret 2018, sementara Honor 9i lebih baru lagi, yakni pada bulan Juli 2018. Dengan harga Rp 2 jutaan saja, keduanya menawarkan performa yang dibutuhkan pengguna masa kini dalam melakukan beragam activity, seperti chatting, multi-tasking, hingga gaming tanpa khawatir mengalami error.

Dilihat dari segi dapur pacu, keduanya sama-sama support OS Android 8.0 (Orea). Xiaomi Redmi Note 5 dibekali Qualcomm SDM636 Snapdragon 636, Octa Core 1,8 GHz Kryo 260 dan Adreno 509, sementara Honor 9i dibekali HiSilicon Kirin 659, prosesor Octa-core (4x2.36 GHz Cortex-A53 & 4x1.7 GHz Cortex-A53) dan GPU Mali-T830 MP2. Bisa dibilang, segi kualitas prosesor keduanya berada di level yang sama dan suport gaming. Akan tetapi apabila dilihat dari angka Octa Core, Honor 9i ternyata lebih tinggi.

Memori Ponsel

Ditengok dari segi memori, Honor 9i dan Redmi Note 5 amat mumpuni dalam mengakomodir beragam kebutuhan pengguna. Hal tersebut disebabkan karena keduanya dibekali dengan RAM 3GB dan ROM 32GB. Keduanya sama-sama mengusung memori berkapasitas besar yakni 3/32GB, 4/64GB dan 4/128GB (Khusus Honor 9i). Sementara itu untuk slot memori eksternal baik Honor maupun Xiaomi memiliki kapasitas up to 256GB.

Kamera

Fitur ini hampir selalu menjadi bahan pertimbangan utama ketika hendak membeli smartphone. Kabar gembiranya, Xiaomi Redmi Note 5 dan Honor 9i sama-sama mengusung dual kamera dengan teknologi canggih, yaitu AI Beauty. Dengan begitu, mengabadikan foto bisa jadi lebih epik dengan mode bokeh layaknya profesional.

Akan tetapi apabila diperhatikan secara lebih mendetail, dari segi ukuran ternyata kamera Honor 9i lebih unggul. Hal ini disebabkan karena kamera utamanya memiliki ukuran 13Mp+2MP dan dilengkapi Phase Detection Auto Focus (PDFA) dengan respon fokus kamera yang lebih cepat. Sementara itu, Redmi Note 5 dibekali kamera utama dengan ukuran 12MP+5MP (Wide-tele). Selain itu, mode kamera Honor 9i juga lebih beragam ketimbang Redmi Note 5 karena dilengkapi wide aperture, light painting, good food, AR Lens, HDR dan Document Scan.

©2019 Merdeka.com

Dalam hal kamera selfie, Honor 9i tampaknya juga lebih unggul karena memiliki kamera depan berukuran 16MP. Sedangkan Redmi Note 5 dibekali kamera 13 MP dan dilengkapi LED Flash. Kamera depan Honor 9i hasilnya dijamin lebih hidup dan normal, tidak terlalu kelebihan kontrasnya dibanding Redmi Note 5.

©2019 Merdeka.com

Fitur Unggulan

Honor 9i sudah dibekali sensor sidik jari, sensor jarak, sensor cahaya ambient, kompas, sensor gravitasi dan indikator status. Sensor sidik jari Honor 9i merupakan generasi terbaru dengan kecepatan unlock 0,25 detik. Berbekal sistem operasi Android 8.0 Oreo dan EMUI 8.0, Honor 9i menghadirkan beragam fitur-fitur yang siap menambah pengalaman bagi pengguna. Di antaranya Face Unlocked, Ride Mode, Wi-Fi Bridge, Smart Screen Resolution, Screen Recording, dan Huawei Share. Semua fitur ini tersedia dan sangat berguna untuk aktivitas sehari-hari para pengguna.

Desain

Urusan desain, kedua ponsel ini memiliki daya tarik yang sama. Xiaomi mempunyai desain simpel dengan balutan metal unibody dan tersedia lima pilihan warna, yaitu Black, Gold, Rose Gold, Blue, Flame Red. Desainnya tak berbeda jauh dengan seri Xiaomi lainnya. Sebaliknya Honor 9i tampil trendi dan elegan, sesuai dengan selera kekinian. Honor 9i mengusung desain Beauty All Around dengan tampilan kaca mirror like dan tiga pilihan warna, yakni Robin Egg Blue, Midnight Black, dan Saphire Blue.

©2019 Merdeka.com

Xiaomi Redmi Note 5 memiliki bobot lebih berat sekitar 30 gram. Hal ini disebabkan kapasitas baterai yang mencapai 4000 mAh. Sedangkan Honor 9i bobotnya cukup ideal di genggaman tangan, hanya 152 gram dengan dimensi 149.2 x 71.8 x 7.7 mm dan kapasitas baterai 3000 mAh.

Layar

Kedua ponsel ini mengusung layar ukuran besar untuk memenuhi kebutuhan konsumen sekarang dalam menonton video atau bermain game online. Ukuran layar Honor 9i mencapai 5,84 inci, sedangkan Redmi Note 5 berukuran 5,9 inci. Baik Xiaomi maupun Honor 9i memiliki layar IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors. Namun, Honor 9i memiliki ratio lebih kekinian yakni 19:9 dengan 432 ppi density, sebaliknya Xiaomi hanya mengusung ratio 18:9 dengan 403 ppi density. Uniknya, Honor 9i memungkinkan pengguna memilih tampilan layar sesuka hati dengan ukuran penuh rasio 19:9 (dengan notch) atau dengan rasio 18:9 (tanpa notch).

©2019 Merdeka.com

Itu tadi beberapa poin pembahasan mengenai spesifikasi dan tampilan smartphone Xiaomi Redmi Note 5 dan Honor 9i. Bila disimpulkan, Redmi Note 5 masih mempertahankan ciri khas Xiaomi, sementara Honor 9i menghadirkan beberapa perbedaan dan cocok buat kamu yang mengutamakan segi desain dan kamera kekinian. Dengan harga terjangkau Rp 2 jutaan, dijamin kualitas yang didapat tak kalah dengan smartphone premium. (mdk/aki)

TOPIK TERKAIT

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.