Qualcomm Akan Dukung 5G dan Kamera 200MP di Smartphone 2020

TEKNOLOGI | 11 Desember 2019 17:00 Reporter : Indra Cahya

Merdeka.com - Qualcomm baru saja memperkenalkan SoC atau chipset terbaru mereka yang mendukung jaringan 5G, yakni Snapdragon 865 dan Snapdragon 765. Snapdragon 865 hadir untuk perangkat flagship atau kelas premium.

Berbagai kemampuan dan peningkatan hadir pada Snapdragon 865 dibandingkan pendahulunya, Snapdragon 855.

Pertama adalah tingkat keamanan biometrik lebih kuat. Pasalnya Snapdragon menghadirkan teknologi pemindai sidik jari baru bernama 3D Sonic Max yang memiliki area pindai 17 kali lebih besar ketimbang sebelumnya.

Dengan bidang pindai lebih luas, informasi dari sidik jari yang ditangkap bisa lebih banyak, sehingga keamanannya pun kian kuat.

Fitur lain adalah imaging atau pemrosesan hasil gambar yang lebih cepat berkat Spectra 480 Image Signal Processor (ISP) yang mampu memproses dengan kecepatan hingga 2 gigapiksel per detik.

Dengan kecepatan ISP, perangkat bisa secara cepat dan cerdas mengisi latar belakang, orang, dan objek yang berbeda. Kecepatan ISP ini juga memungkinkan pemrosesan foto besar hingga 200MP.

Tak hanya itu, perangkat flagship nantinya juga bisa merekam dengan kualitas 4K HDR dengan lebih dari satu miliar warna, merekam video 8K, serta mengambil video slow-motion tanpa batas dengan kualitas tinggi 960fps.

1 dari 2 halaman

Performa dan Gaming Makin Ngebut

Tidak hanya itu, kemampuan gaming pun perangkat yang dibekali chipset Snapdragon 865 memiliki grafis tertinggi berkat Snapdragon Elite Gaming.

Snapdragon 865 juga jadi mobile platform pertama di Android yang mendukung desktop forward rendering, memungkinkan pengembang gim membawa pencahayaan, dan efek pemrosesan kualitas desktop ke dalam smartphone.

Masih dari segi gaming, Snapdragon 865 menghadirkan kemampuan GPU Adreno yang bisa diperbarui lewat Google Play Store. Belum lagi, tampilan HDR juga turut dibenamkan dengan refresh rate 144Hz. Snapdragon 865 juga memiliki Game Color Plus untuk memperkaya kualitas gambar gim dengan saturasi warna yang dioptimalkan.

CPU Qualcomm, Kryo 585 dan GPU Adreno 650 memberikan peningkatan kinerja dan grafis hingga 25 persen dibandingkan Snapdragon 855.

2 dari 2 halaman

5G Hingga 7,5GBps

Disebutkan sebelumnya bahwa Snapdragon 865 merupakan chipset yang mendukung kemampuan jaringan 5G. Hal ini berkat modem Snapdragon X55 5G RF system yang dimiliki.

Dengan modem ini, kecepatan yang internet yang dihasilkan bisa mencapai 7,5Gbps.

Secara teknis, modem Snapdragon X55 ini memiliki beberapa teknologi yang membantu peningkatan jangkauan dan kecepatan data. Meski kinerja untuk mendapatkan sinyal tinggi, penggunaan baterai tetap hemat hingga seharian.

Solusi dari Qualcomm ini mendukung semua wilayah dengan band utama termasuk millimeterwave (mmwave) dan Sub-6 baik di frekuensi TDD maupun FDD.

Platform ini juga mendukung mode 5G stand-alone dan non-stand alone bersama dynamic spectrum sharing (DSS). DSS memungkinkan 5G beroperasi dalam frekuensi 4G.

Selain konektivitas 5G, Snapdragon 865 memungkinkan Wi-Fi 6 yang kecepatan unduhnya mendekati 1,8Gbps dan latensi rendah.

Sumber: Liputan6.com
Reporter: Agustin Setyo Wardani (mdk/idc)

Baca juga:
iPhone Disebut Bakal Usung Fingerprint Layar Besutan Qualcomm
Ini Prosesor 5G Pertama Qualcomm Untuk Smartphone Kelas Menengah
Qualcomm Perkirakan Pengiriman Smartphone 5G Capai 450 Juta di Tahun 2021
iPhone 5G Dilaporkan Usung Prosesor 5 Nanometer
Microsoft Luncurkan Surface Pro X, Laptop Prosesor Qualcomm!
Qualcomm dan Tencent Jalin Kemitraan Garap Smartphone Gaming 5G
Apple Caplok Petinggi Intel Untuk Kembangkan Modem 5G

TOPIK TERKAIT

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.