Raditya Dika bagi rahasia sukses di XYZ Day

TEKNOLOGI | 25 April 2018 19:23 Reporter : Fauzan Jamaludin

Merdeka.com - Nama Raditya Dika tak mungkin tak familiar di telinga banyak milenial Indonesia. Pria yang terkenal lewat tulisan-tulisan humornya ini, menceritakan bagaimana karirnya berkembang seperti sekarang ini. Dari penulis, film, hingga komedian.

Dalam acara XYZ Day, Radit mengatakan kesuksesannya saat ini bermula dari kekesalan yang ia alami. Mulai dari direndahkan karena profesinya penulis hingga banyak hal. Kekesalannya itu ia tuangkan dalam bentuk tulisan atau karya komedi.

"Kalau jadi komedian jangan lucu tapi kesel. Komedi itu butuh objek. Kita bisa memasukkan diri sendiri sebagai objek. Setiap fase dalam hidup kita ada yang digugat itu yang dijadikan sebagai komedi," katanya saat panel diskusi XYZ Day bertajuk 'Comedy is A Funny Business' di The Hall Senayan City, Jakarta, Rabu (24/4).

Ia pun mengatakan, kebanyakan orang selalu diliputi rasa ketakutan ketika berada di industri kreatif seperti dirinya. Maka, tak heran jika banyak orang yang masih awam atau belum memahami karir di industri kreatif kelimpungan ketika terjadi sesuatu dalam karirnya.

"Orang selalu diliputi rasa ketakutan. Padahal kalau berpikir kreatif kita bisa lakukan sesuatu," katanya.

Dengan bergurau, Ia menyontohkan di mana saat ini muncul banyak Youtuber. Memaksimalkan YouTube sebagai platform untuk mengekspresikan diri. Kemudian, ia membayangkan jika suatu saat YouTube ditutup, misalnya.

"Kalau jadi Youtuber terus Youtube diblokir gimana? Gampang, ada Vidio.com," kelakarnya yang disambut tawa audience.

Meski begitu, ia menyarankan agar memiliki core skill. Ini bertujuan supaya bisa tetap eksis di industri kreatif. Sebagaimana yang ia lakukan saat ini.

"Gue dari penulis bisa geser kemana-kemana. Mulai nulis buku, film, youtuber, komedian. Semuanya itu juga butuh core skill menulis. Jadi core skill itu harus sering dilatih," terangnya.

Sebagaima diketahui, Acara XYZ Day ini, merupakan event pertama KLY setelah KLN dan KMK Online bergabung. Event ini menghadirkan sejumlah influencer dan konten kreator ternama Tanah Air.

Mulai dari Najwa Shihab, Deddy Corbuzier, Ernest Prakasa, Raditya Dika, Ria Ricis, dan masih banyak lagi, mengisi acara konferensi terbesar ini. Selain itu, ada acara XYZ Day Creator Award. (mdk/ara)

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.