Rapor Hijau Fintech Akseleran, Salurkan Pinjaman Rp 354 Miliar di Semester I

Rapor Hijau Fintech Akseleran, Salurkan Pinjaman Rp 354 Miliar di Semester I
TEKNOLOGI | 3 Juli 2020 09:23 Reporter : Syakur Usman

Merdeka.com - Financial technology (fintech) berbasis Peer to Peer (P2P) lending, Akseleran, membukukan rapor hijau di semester pertama tahun ini. Selama Januari-Juni, Akseleran menyalurkan total pinjaman usaha Rp 354 miliar, tumbuh hingga 6 persen dibandingkan periode sama tahun lalu.

Ivan Tambunan, CEO & Co-Founder Akseleran, mengatakan pinjaman usaha tersebut disalurkan kepada lebih dari 2.100 pinjaman dan sebagian besar pertumbuhan ditopang oleh performa di sepanjang kuartal I yang mengalami kenaikan sebesar 28 persen secara tahunan.

Selain itu, adanya pelonggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan era new normal turut berdampak terhadap peningkatan penyaluran pinjaman usaha Akseleran pada Juni, yang naik 13 persen secara tahunan.

Menurutnya, pertumbuhan yang terjadi di semester pertama tersebut juga sejalan dengan kualitas aset Akseleran yang terjaga stabil. Tercatat di sepanjang semester pertama ini rata-rata kredit bermasalah atau non performing loan (NPL) Akseleran masih di bawah 0,7 persen dari total penyaluran pinjaman usaha secara keseluruhan.

“Upaya kami dalam memitigasi risiko kredit macet khususnya di masa pandemi Covid-19 sangatlah penting, seperti meningkatkan credit underwritting standard dan lebih memilih pinjaman beragunan invoice financing dibandingkan pre-invoice financing (pembiayaan purchase order) agar risiko kredit lebih kecil. Di sisi lain, Akseleran juga menyalurkan pinjaman usaha kepada salah satu UKM untuk proyek bantuan sosial Covid-19 dan ada lebih dari 340 ribu kepala keluarga yang terbantu,” ujar Ivan dalam rilisnya, Kamis (2/7).

Baca Selanjutnya: Total Pinjaman Usaha Rp 126...

Halaman

(mdk/sya)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami