Realme Jamin Pasokan Setiap Produknya

TEKNOLOGI | 20 Oktober 2019 14:25 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Meskipun mendominasi pasar smartphone kelas menengah di Indonesia, realme mengklaim menerapkan cara terbaik untuk memahami kebutuhan pengguna gadget di Indonesia dengan produk, stok, harga, layanan yang real dan banyak lagi.

realme memperlakukan pasar dan konsumen dengan serius dan dengan cara yang berbeda dari apa yang dilakukan pesaing. Siapa yang menyangka, realme, merek smartphone untuk anak muda yang baru saja menjual beberapa produknya selama 1 tahun di Indonesia berhasil masuk dalam daftar Top 5 Smartphone Brand di Indonesia.

Melalui produk kelas menengah dengan pendekatan premium seperti desain yang eye-catching, penerapan spesifikasi terbaru tetapi dengan harga yang terjangkau, setiap produk realme yang diluncurkan berhasil memenangkan hati masyakarat Indonesia. Ini juga merupakan bukti bahwa produk realme bukan hanya produk yang terjangkau, tetapi memiliki kualitas premium di dalamnya.

Apa yang membedakan realme dari para pesaing? Apa yang membuat merek muda ini begitu sukses di tahun pertamanya di pasar? Pada artikel ini, kami mencoba untuk membuka misteri yang ada di belakang, dan memberikan perspektif orang dalam tentang industri smartphone secara keseluruhan.

Real Stock, No “Ghoib”
Faktor paling krusial saat bermain di pasar smartphone Indonesia adalah ketersediaan produk. realme berbeda dari pesaing lain yang sering disebut sebagai smartphone "ghoib" dan mendapat lebih banyak keluhan pelanggan.

Selama satu tahun yang lalu, realme telah menunjukkan kemampuannya untuk menyediakan stok barang di pasar dengan cepat setelah diluncurkan, bahkan ke ujung timur Indonesia seperti Papua. Meskipun sebagai pendatang baru, realme menunjukkan keseriusannya untuk memperkokoh pondasi bisnisnya di pasar Indonesia, itu sebabnya realme berinvestasi dan berbagi dengan pabrik Oppo di Tangerang untuk memastikan bahwa stok barangnya aman di pasar.

Berbicara tentang kapasitas produksi, pabrik ini memiliki kapasitas produksi yang besar sehingga mampu memenuhi kebutuhan produksi Oppo dan realme. Melalui pabrik ini, realme dapat memproduksi smartphone dan segera mendistribusikan produknya ke toko-toko di seluruh Indonesia dalam waktu singkat. Kita bisa melihat realme serius dengan pasar Indonesia dan mau tumbuh bersama para pengguna muda.

Tidak berlebihan untuk mengatakan realme adalah yang real di Indonesia dan untuk orang Indonesia. Selain berinvestasi di pabrik di Indonesia, realme juga telah membangun banyak gudang di berbagai provinsi/lokasi di seluruh Tanah Air untuk memastikan distribusi produk mereka terjadi dalam waktu singkat setelah produk diluncurkan. Tidak heran mengapa produk realme selalu tersedia dan mampu dikirim ke dealer/pemilik toko lokal untuk penjualan Perdana secara tepat waktu.

realme juga telah berkolaborasi dengan para pemain e-commerce terkemuka yang siap melayani keinginan anak muda di Indonesia yang tidak sabar untuk membeli produk realme dengan harga khusus. Untuk merek berbasis di Indonesia dan untuk pengguna Indonesia, investasi di pabrik maupun gudang tidak kecil. Tapi kami bisa melihat ambisi dan pengabdian nyata di pasar ini. Tidak "ghoib" adalah komitmen dasar untuk realme.

Real Price
Salah satu faktor kunci realme bisa memenangkan hati anak muda yang ‘picky’ adalah harga yang kompetitif dan bahkan untuk dapat mengontrol harga di pasaran serta usaha memastikan pengguna bisa mendapatkan product dengan harga yang diluncurkan di seluruh Indonesia.

Realme mempunyai strategi tersendiri untuk harga bagi para dealers baik online dan offline, untuk memastikan tidak ada perubahan harga dari dealer ke pelanggan. Hal ini tidaklah mudah, karna kita tahu bahwa ketersedian stok realme tersebar di seluruh pelosok Indonesia. Bukan hanya pada sejumlah kecil toko flagship atau toko resmi milik resmi, namun pada ribuan dealer dan pemilik toko. Memastikan harga saat diluncurkan dapat sampai ke tangan pelanggan merupakan motivasi utama dari realme.

Oleh karena itu realme tidak hanya sekedar memberikan harga murah seperti kompetitornya, namun realme bekerja keras dibalik harga yang diberikan agar pelanggan bisa mendapatkan harga yang sama.

Real Service
Realme tidak pernah berkompromi pada kualitas dan selalu menawarkan layanan purna jual yang layak. Apa yang realme lakukan hanya dalam satu tahun di layanan purna jual adalah realme memiliki 116 pusat layanan purna jual yang tersebar di seluruh Indonesia, yang berarti pelanggan di setiap sudut negara dapat dengan mudah mendapatkan layanan purna jual dengan cepat di sekitar mereka.

realme juga telah memperkenalkan layanan perbaikan instan, "Callme Service" di mana pelanggan bisa mendapatkan layanan yang nyaman hanya dengan melakukan panggilan telepon tanpa meninggalkan rumah mereka.

Selain itu, realme juga bekerja keras untuk membuka pusat layanan purna jual realme yang independen. Pada akhir tahun nanti, jumlahnya akan mencapai 11 tempat yang tersebar di beberapa kota besar.

Layanan purna jual merupakan bagian yang konsumen sering tidak menyadari pentingnya ketika membeli produk, tetapi ketika mereka benar-benar membutuhkan layanan tersebut, beberapa pelanggan akhirnya merasa sulit untuk mendapatkan layanan yang cepat dan dapat diandalkan, dan juga kadang-kadang biaya tambahan yang mahal.

Real Surprises
realme mengambil cara yang berbeda dan lebih keras seperti yang dapat kita lihat, realme memiliki ambisi untuk menghadirkan lebih banyak produk berkualitas premium ke Indonesia. Seperti yang kita ketahui, realme telah meluncurkan smartphone level premium & flagship di China, realme X2 Pro. Banyak orang memperkirakan realme akan membidik lebih banyak segmen kelas atas dalam waktu dekat. Apakah ini akan terjadi segera?

Sebagai kesimpulan, realme memiliki tujuan untuk menjadi merek yang menyediakan produk dan layanan premium. realme adalah merek yang berusaha untuk memberikan yang terbaik dari produk real mereka yang dapat diakses dengan mudah, dengan harga universal, layanan yang real dan masih banyak lagi. Selanjutnya, tidak mengejutkan jika realme akan membuat terobosan dalam waktu dekat.

Jadi, persiapkan diri Anda untuk menyaksikan realme melompat ke level selanjutnya dari pasar smartphone di Indonesia dengan pendekatan premium untuk setiap produknya.

(mdk/faz)

TOPIK TERKAIT