Rencana BAKTI Selesaikan 7.904 Desa yang Belum Terkoneksi Internet

Rencana BAKTI Selesaikan 7.904 Desa yang Belum Terkoneksi Internet
TEKNOLOGI | 22 Juli 2020 14:18 Reporter : Fauzan Jamaludin

Merdeka.com - Anang Latif, Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) mengatakan saat ini terdapat 7.904 desa atau kelurahan di Indonesia yang belum terjangkau layanan 4G. Sebanyak 65 persen dari jumlah itu, berada di wilayah Papua dan Papua Barat.

"Berdasarkan data yang kami miliki, distribusi wilayah yang unserved itu mayoritas ada di Papua dan Papua Barat. Selebihnya terpencar ada di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan NTT," kata dia saat acara diskusi online yang digelar Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), Selasa (20/7).

Dilanjutkan Anang, BAKTI sudah memiliki skema tahapan untuk membangun layanan 4G di 7.904 desa atau kelurahan di wilayah 3T. Pertama di tahun 2020, pihaknya akan membangun layanan internet generasi keempat itu di 639 desa atau kelurahan.

"Karena anggaran di tahun ini waktunya terlalu sempit sehingga jumlah yang ditargetkan kurang dari 700 desa," ungkapnya.

Kedua di tahun 2021, BAKTI berencana membangun 4.200 desa atau kelurahan. Kemudian di tahun 2022, badan layanan umum di bawah naungan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) ini akan melanjutkan pembangunan sebanyak 3.065 desa atau kelurahan.

"Jadi selama tiga tahun, kami akan menyelesaikan persoalan 7.904 desa atau kelurahan di wilayah 3T yang menjadi tanggung jawab pemerintah, kami coba selesaikan," ujar Anang.

Baca Selanjutnya: Rogoh Kantong APBN...

Halaman

(mdk/faz)

TOPIK TERKAIT
more tag

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami