Rilis perangkat baru, Apple hentikan produksi iPhone 5s dan iPad Air

Rilis perangkat baru, Apple hentikan produksi iPhone 5s dan iPad Air
iPhone 5s dan iPad Air. © minimallyminimal.com
TEKNOLOGI | 22 Maret 2016 11:38 Reporter : Indra Cahya

Merdeka.com - Hari ini, Apple merilis iPhone SE. Sebuah smartphone 4inci dengan dalaman iPhone 6s, namun berbentuk seperti 5s. Dengan ini, iPhone 5s tak akan jadi pilihan, pasca 3 tahun beredar di dunia smartphone.

Dilansir dari The Verge (22/3), Apple telah memberhentikan produksi dari iPhone 5s, yang ditandai dengan digantinya 5s dengan SE, di website Apple. Jika Anda mengakses URL halaman untuk memesan 5s, Anda akan secara otomatis kembali ke halaman utama.

Berita ini tak mengejutkan, mengingat iPhone selalu memberhentikan produksi iPhone lama, jika lahir perangkat baru. Seperti tahun lalu APple memberhentikan produksi iPhone 5 ketika iPhone 5c rilis, dan akhirnya juga memberhentikan produksi 5c untuk fokus menjual iPhone 6s dan 6s Plus.

Dengan adanya iPhone SE yang segera beredar akhir bulan ini, sepertinya memang tak ada perlunya lagi untuk memproduksi perangkat dengan spek lebih rendah.

Selain itu, mengikuti rilisnya iPad Pro 9,7inci, iPad Air juga menghilang dari deretan perangkat yang dijual oleh Apple saat ini.

Tablet iPad Air, yang dibanderol dengan harga sekitar 5,2 jutaan hingga 7,6 jutaan, telah menghilang dari website Apple. Sementara iPad Air 2, masih bertahan.

iPad Pro 9,7inci yang terbaru, bergabung dengan 'saudaranya' yang lebih besar, yakni iPad Pro 12,9 inci, yang sudah rilis sejak tahun lalu.

Apple memang terkenal dengan kebijakannya memberi batasan pada produk yang dijual. Hal ini bertujuan untuk menyederhanakan pilihan konsumen dalam membeli produk Apple. Kebijakan sedikit berbeda diambil di era CEO Tim Cook, yang memberi pilihan sedikit lebih banyak, untuk memperluas pasar konsumen Apple. (mdk/idc)

Baca juga:
Liam, robot Apple yang 'hancurkan' iPhone bekas untuk daur ulang
iPad Pro 9,7 inci: tablet dengan Apple pencil dan ukuran yang 'pas'
Tawarkan pembaruan menarik, iOS 9.3 resmi meluncur!
iPhone SE resmi dirilis: smartphone 'mungil' dengan performa garang
Ini maksud dari simbol yang ada di bagian belakang iPhone
Diduga baterai 'overheat,' iPhone 6 meledak di pesawat menuju Hawaii

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami