Samsung Cloud Matikan Beberapa Fitur, Pengguna Diminta Pindah OneDrive

Samsung Cloud Matikan Beberapa Fitur, Pengguna Diminta Pindah OneDrive
TEKNOLOGI | 29 September 2020 19:48 Reporter : Indra Cahya

Merdeka.com - Samsung dan Microsoft bersama menghadirkan ekosistem lebih baik untuk para pengguna. Kerjasama ini sudah berlangsung selama beberapa tahubn terakhir.

Kemitraan keduanya juga berbuah pada pengggantian layanan Samsung dengan milik Microsoft. Salah satunya, melalui pembaruan One UI 2.1, Samsung bakal menghentikan sejumlah fitur di layanan Samsung Cloud dan menggantinya dengan Microsoft OneDrive. Fitur yang disetop adalah Gallery Sync, Drive, dan Langganan Premium.

Di dalam email kepada pelanggan, mereka diberikan opsi untuk memindahkan data dari Samsung Cloud ke OneDrive. Samsung mengumumkan tanggal 30 Juni 2021 sebagai akhir bagi layanan sinkronisasi file dan Gallery Sync Samsung Cloud.

Artinya, fitur backup langsung atas file dan video dari aplikasi Gallery ke Samsung Cloud bakal hilang alias tak bisa lagi digunakan.

Pengakhiran dari layanan Samsung Cloud ini berbeda-beda untuk masing-masing kawasan. Misalnya untuk pengguna di Indonesia pengakhiran fitur Gallery Sync ini dilakukan pada 30 Juni 2021.

Sementara di Belanda pengakhiran dilakukan pada 5 Oktober. Semua pasar Samsung pun bakal merasakan dampak penyetopan layanan ini. Karena layanan Samsung Cloud akan dihentikan, pengguna diberi waktu untuk memindahkan atau mem-backup data mereka. Pengguna punya waktu sampai 1 April 2021 untuk mem-backup data mereka.

"Fitur-fitur Gallery Sync dan Penyimpanan drive untuk File Saya (My Files) sekarang akan didukung oleh Microsoft OneDrive. Untuk meminimalkan ketidaknyamanan yang mungkin timbul, kami menawarkan cara melakukan migrasi Gallery Sync dan atau data Drive yang ada ke OneDrive dan melanjutkan pengalaman dengan nyaman," kata Samsung dalam pemberitahuannya.

Baca Selanjutnya: Jangan Lupa Unduh Data Ya!...

Halaman

(mdk/idc)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami