Satelit Merah Putih milik Telkom berhasil diluncurkan

TEKNOLOGI | 7 Agustus 2018 13:46 Reporter : Fauzan Jamaludin

Merdeka.com - Satelit Merah Putih milik Telkom Indonesia akhirnya berhasil diluncurkan dengan roket Falcon 9 dari SpaceX, Cape Canaveral, Air Force Station, Florida, Amerika Serikat. Ini artinya masa-masa 'kritis' dalam sisi peluncuran sebuah roket telah dilewati.

Selanjutnya, tinggal menunggu satelit tersebut masuk ke orbit yang telah ditentukan, yakni di slot orbit 108 derajat Bujur Timur atau di atas selat Karimata.

"Saya ucapkan terima kasih atas dukungan dan doanya. Kita bersyukur peluncuran satelit sudah selesai dan tinggal menunggu waktu menuju ke orbitnya," kata Direktur Utama Telkom Indonesia, Alex J. Sinaga saat menyamapaikan sambutannya melalui video live streaming di Florida, Amerika Serikat, Selasa (7/8).

Sejauh ini berdasarkan pengamatan Merdeka.com, posisi satelit sedang menuju orbit. Kurang lebih dibutuhkan waktu 30 menit untuk satelit sampai di orbit dan mengepakan 'sayap'. Jika tidak ada aral melintang, satelit sudah siap digunakan pada 15 September 2018 mendatang.

Persiapan satelit Merah Putih ini telah disiapkan 28 bulan yang lalu dan melibatkan sumber daya manusia dari Telkom Indonesia untuk belajar tentang satelit. Dari sisi biayanya, proyek peluncuran satelit ini hanya menghabiskan USD 165 juta atau setara Rp 2,38 triliun (Rp 14.475/USD), sudah termasuk biaya asuransi sebesar USD 10 juta.

Satelit yang ditujukan untuk mengganti Telkom 1 ini, membawa 60 transponder aktif yang terdiri dari 24 transponder C-Band dan 12 transponder Extended C-Band yang akan melayani wilayah Asia Tenggara, termasuk Indonesia, serta 24 transponder C-Band yang akan menjangkau kawasan Asia Selatan. Satelit ini mengandalkan platform SSL 1300 dengan usia desain 16 tahun.

Pembangunan Satelit Merah Putih melibatkan 2 perusahaan Amerika Serikat, yakni SSL sebagai pabrikan pembuat satelit serta SpaceX sebagai perusahaan penyedia jasa peluncuran satelit.

SSL adalah manufaktur satelit yang ternama dan berhasil menuntaskan pembangunan Satelit Merah Putih lebih cepat dari jadwal. Selanjutnya Satelit Merah Putih akan diluncurkan menuju slot orbitnya menggunakan Roket Falcon 9 milik SpaceX.

Baca juga:
Satelit Merah Putih siap meluncur, Dirut Telkom mohon doa
5 Fakta menarik dari Satelit Merah Putih
Live Streaming jam 12.00 WIB: Peluncuran Satelit Merah Putih dari AS
Satelit Merah Putih pakai roket miliuner Elon Musk, Telkom cuma bayar Rp 2,3 T
Satelit Merah Putih milik Telkom siap diluncurkan

(mdk/ega)