Sebelum jadi Menpora, PR Roy Suryo bereskan peretasan situs SBY
TEKNOLOGI | 30 Januari 2013 18:20 Reporter : Ya'cob Billiocta

Merdeka.com - Kasus peretas situs resmi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono www.presidensby.info, ternyata merupakan pekerjaan rumah terakhir sebelum Roy Suryo diangkat jadi menteri pemuda dan olahraga.

"Ya memang itu tugas terakhir saya kemarin menjadi konsultan presiden mengenai hacker tersebut," kata Roy Suryo di sela rapat kerja dengan Komisi X DPR di kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Rabu (30/1).

Namun, sebelum Roy menuntaskan pekerjaan yang diemban, dia keburu diangkat SBY menjadi Menpora. Sehingga dia melimpahkan persoalan peretasan itu kepada Bareskrim Mabes Polri.

"Saya juga sudah komunikasi langsung dengan Pak Sutarman, dan kemarin pun saya sudah berkomunikasi pada saat rapat kerja pemerintahan. Jadi saya pikir itu clean, dan saya mendukung," terang Roy Suryo.

Menurut Roy, Wildan, peretas situs SBY memiliki karakteristik berbeda dari peretas pada umumnya. Dia mencontohkan, kalau peretas biasanya akan merasa bangga ketika ditangkap karena itu merupakan nilai jual untuknya. Ekspresi tersebut tidak ditemukan dalam diri Wildan.

Menurut Roy, tidak semua peretas situs pemerintah berakhir tragis. Pada sejumlah kasus, justru peretas tersebut akan dirangkul untuk kepentingan negara.

"Itu sudah ada pengelolaan, dan sudah juga ada yang dirangkul," kata Roy.

(mdk/tts)

TOPIK TERKAIT