Serangga paling romantis? Kumbang ini punya sendi berbentuk hati

TEKNOLOGI | 13 Februari 2016 17:10 Reporter : Bramy Biantoro

Merdeka.com - Tepat menjelang Hari Kasih Sayang atau Valentine, ilmuwan dari Natural History Museum mengumumkan penemuan spesies kumbang spesial. Kumbang ini mempunyai bagian kaki yang mirip simbol Valentine.

Ilmuwan menemukan kumbang yang masuk keluarga Ivierhipidius ini di Belize, negara kecil di pesisir Amerika Tengah yang berbatasan dengan Meksiko, dan beberapa negara di Amerika Selatan. Keluarga kumbang ini unik karena mempunyai sendi penghubung antara kaki dan perut yang berbentuk hati.

Namun, ilmuwan belum mengetahui secara jelas fungsi dari sendi berbentuk unik ini. Sendi ini ternyata ditemukan di empat spesies kumbang Ivierhipidius, yakni Ivierhipidius paradoxus (tersebar di Honduras dan Belize), Ivierhipidius monneorum (Brasil), Ivierhipidius Youngi (Ekuador), dan Ivierhipidius cechorum (Argentina). Semua spesies kumbang bersendi hati yang ditemukan adalah pejantan.

Ironisnya, kumbang Ivierhipidius jantan tidak mempunyai mulut normal yang dapat digunakan untuk makan secara normal. Sehingga hidup dari kumbang jantan ini didedikasikan untuk mencari pasangan dan kawin. Selepas itu, kemungkinan besar kumbang ini akan mati.


Ini optik laser LIGO buktikan kebenaran teori gravitasi Einstein
Mengenal gelombang gravitasi, penemuan sains terbesar abad ini!
Gelombang gravitasi terdeteksi, ramalan Albert Einstein benar!
Mengapa sebelum hujan kita merasa gerah?
7 Hewan ini jauh lebih setia dari manusia, bawa 'cinta' sampai mati

(mdk/bbo)