SHARP Rilis Android TV, Bisa Kontrol Pakai Suara dan Pengingat Adzan

TEKNOLOGI | 11 Desember 2019 21:20 Reporter : Anwar Khumaini

Merdeka.com - Sharp Indonesia menambah lini televisi terbarunya dengan merilis Sharp Android TV dengan Google Assistant. Produk anyar ini memadukan teknologi Artificial Intelligence (AI) dan Internet of Things (IoT).

Dengan perpaduan dua teknologi ini, pengguna televisi Sharp bisa menggunakan fitur perintah suara yang diarahkan pada remote control.

" Fungsi TV kini berubah dari sekadar alat menonton menjadi lebih interaktif. Kami berupaya memenuhi kebutuhan konsumen untuk mewujudkan rumah pintar atau smart home dengan produk-produk pitar, termasuk televisi," kata Shinji Teraoka, President Director PT. Sharp Electronics Indonesia di Jakarta, Rabu, 11 Desember 2019.

Peluncuran televisi pintar Sharp (Foto:Dream.co.id/Annisa Mutiara Asharini)

Shinji mengatakan, Sharp Android TV dengan Google Assistant menyajikan cara baru memakai televisi lewat fitur unik. Sahabat Dream dapat memulai hari dengan fitur Plan Your Day.

Nantinya, televisi akan menyapamu dan menginformasikan berbagai info harian seperti cuaca, berita, kondisi jalan hingga agenda pribadi.

Sementara itu, Fitur Two Way Conversation juga memungkinkan konsumen untuk saling bertanya jawab dengan TV, seperti mencari lokasi restoran terdekat, matematika dasar, info sejarah dan pengetahuan umum.

Mengusung gaya hidup halal yang banyak diterapkan masyarakat Indonesia, TV ini juga memiliki fitur Adzan Reminder yang akan melantunkan adzan saat waktu sholat tiba.

" Ketika adzan berbunyi, suara tayangan akan otomatis ke mode mute," ucap Golden Mayanawa, Product Marketing PT. Sharp Electronics Indonesia.

Dukung Konten Lokal

Guna memperkaya konten lokal, SHARP menggandeng Vidio dan Kaskus TV. Kerja sama ini akan menghadirkan film, sinetron, berita hingga olahraga.

Selain itu, Sahabat Dream juga bisa mengakses berbagai aplikasi lain lewat Google PlayStore.

"Pembuatan local fit products merupakan salah satu cara mewujudkan anjuran Kementerian Perindustrian dalam mengoptimalkan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) yang kami hadirkan lewat aplikasi-aplikasi karya anak bangsa," kata Ardy, AUVI Assistant General Manager PT Sharp Electronics Indonesia.

Kenyamanan melihat televisi semakin prima dengan teknologi Full HD dan 4K. Dengan teknologi itu, tampilan gambar terlihat lebih jernih berkat tektonogi pengolahan warna dan cahaya dari HDR.

Televisi tersedia dalam berbagai ukuran. BG Series (HD dan Full HD) untuk tipe ukuran 32" , 42" dan 50" dibanderol mulai Rp3,3 juta hingga Rp6,3 juta. Sedangkan BK Series (4K) didesain dengan ukuran lebih besar, mulai dari 50" , 60" dan 70" dan dibanderol Rp7 juta hingga Rp20 juta. (mdk/paw)

TOPIK TERKAIT

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.