Advertorial

Simak wejangan Bryan Gunawan dalam The NextDev Academy 2018!

TEKNOLOGI | 28 April 2018 08:00 Reporter : Wuri

Merdeka.com - “Budaya itu tidak bisa lepas dari startup.”

Kira-kira demikianlah kesimpulan dari materi yang disampaikan Bryan Gunawan saat menggembleng peserta The NextDev Academy 2018.Pendiri OTP Institute dan HRBP Manager di Kraft Heinz Company ini mengatakan bahwa budaya menuntun tercapainya impian seseorang.

"Kalau nggak ada budaya, nggak akan ada arahnya. Jadi nggak bakal tercapai visinya," tutur Bryan ketika menyampaikan materi bertajuk “Talent & People Management: Don't Screw Up The Culture.”

Bagi Bryan, budaya adalah rangkaian nilai-nilai dasar pendirian sebuah organisasi. Aspek ini sangat penting dimiliki oleh startup dalam menjaga kekompakan antar-anggota di dalamnya, serta membimbing mereka untuk berjalan ke arah yang sama.

Lalu bagaimana cara menciptakan budaya dalam startup? Ada dua hal yang disampaikan oleh Bryan kepada para peserta. Pertama adalah musyawarah para petinggi startup untuk membicarakan dasar organisasi. Kedua, interaksi lingkungan dan upaya untuk terus memahami struktur organisasi.

Bagi yang berambisi mendirikan startup, wejangan dari Bryan Gunawan ini sangat bagus untuk dipahami dan diamalkan. Simak liputan selengkapnya di sini.

(mdk/wri)