Smartphone Layar LCD Masih Mendominasi, OLED Tak Dianggap Perlu?

TEKNOLOGI | 22 Januari 2020 13:10 Reporter : Indra Cahya

Merdeka.com - Di industri smartphone saat ini, layar AMOLED sudah jadi standar utama untuk smartphone papan tengah atau flagship. Meski demikian, layar konvensional yakni TFT-LCD ternyata masih mendominasi.

Melansir laporan dari The China Academy of Information and Communication Technology yang dikutip Gizmochina, layar LCD masih dipakai di banyak sekali smartphone papan tengah dan smartphone murah.

Bahkan, hampir tidak ada perangkat murah yang menggunakan layar OLED. Sehingga, panel layar LCD akan jadi pilihan utama.

Di Tiongkok, disebut 64,3 persen perangkatnya menggunakan layar LCD. Sementara layar AMOLED sendiri terhitung kurang dari 20 persen pangsa pasar smartphone di Tiongkok. Sisanya adalah panel layar yang lebih lawas dari LCD.

1 dari 1 halaman

Hal ini disebut terjadi karena pasar smartphone di Tiongkok telah mencapai poin stabil terkait ukuran layar dan resolusinya.

Dengan kata lain, para pengguna sudah nyaman dengan ukuran dan resolusi layar yang ditawarkan perangkat-perangkat dengan LCD kala itu. Hal ini membuat inovasi di sektor layar kurang terkonsumsi.

Dalam statistik yang diungkap laporan tersebut pula, perangkat dengan layar 5 inci ke atas sendiri masih berada di angka 55 persen.

Padahal sudah dalam beberapa tahun terakhir semua perangkat Android punya ukuran lebih besar dari 5 inci. Berarti pula, perangkat lawas yang notabene layarnya LCD pun masih luas dimanfaatkan pengguna.

Menurut Anda? (mdk/idc)

Baca juga:
Ini Prediksi Harga Xiaomi Mi 10, Flagship Terjangkau?
Samsung Galaxy S20 Series dan Xiaomi Mi Note 10 Akan Meluncur Bersamaan?
5 Cara Melacak Posisi Nomor HP Langsung Ketemu Pakai Google
Smartphone 'Rahasia' Dengan Dual Kamera Selfie 44MP Dipamerkan, Milik Oppo?
Titel Kamera Terbaik Diguncang Honor V30 Pro, Huawei Digeser
Honor Magic Watch 2 Resmi Masuk Pasar Indonesia, Keunggulannya?
Inikah Spesifikasi Smartphone Lipat Samsung Galaxy Z Flip?

TOPIK TERKAIT

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.