Smartphone Murah Besutan Tiongkok Diam-Diam Curi Kuota Pengguna

Smartphone Murah Besutan Tiongkok Diam-Diam Curi Kuota Pengguna
TEKNOLOGI | 15 September 2020 15:05 Reporter : Indra Cahya

Merdeka.com - Smartphone murah besutan sebuah vendor asal Tiongkok ternyata diam-diam mencuri uang dari penggunanya. Kejadian ini dilaporkan terjadi pada para pengguna smartphone di Johannesburg, Afrika Selatan.

Ceritanya, pengguna bernama Mxolosi membeli perangkat bermerk Tecno W2 yang secara harga sangat murah tapi desainnya mirip dengan model smartphone terkenal seperti Samsung, Nokia, Huawei, dan lain-lain.

"Smartphone ini terlihat atraktif dan menarik. Sejujurnya saya adalah fans Samsung tapi mau mencoba produk baru ini," tuturnya, seperti dilaporkan Buzzfeed News via Tekno Liputan6.com.

Smartphone murah merek Tecno W2 sendiri merupakan besutan dari perusahaan Tiongkok bernama Transsion. Selain Tecno, perusahaan ini juga menjual banyak merek smartphone lain dengan harga miring. Pasar dari Transsion adalah negara-negara berkembang.

Transsion pertama merilis smartphone pada 2014 lalu, kemudian tumbuh menjadi pemain besar di Afrika. Sampai mampu mengalahkan Samsung dan Nokia.

Sayangnya kesuksesan perusahaan Tiongkok ini malah berbuah simalakama buat pengguna. Mxolosi kini kebingungan karena smartphone-nya selalu mendapat pesan pop-up berisi iklan yang mengganggu panggilan dan aplikasi pesannya.

Parahnya, seringkali kuota data Mxolosi kerap terkuras secara misterius. Ia juga sering dapat pesan langganan layanan, padahal merasa tidak pernah berlangganan apapun.

"Bagi saya ini sangat mahal. Saya sampai tidak membeli paket data karena seringkali habis tanpa saya pakai," tutur pria 41 tahun ini.

Baca Selanjutnya: Gara-Gara Software Prainstal...

Halaman

(mdk/idc)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami