Smartphone Oppo Nomor Satu di Indonesia per Kuartal II 2019

TEKNOLOGI | 13 Agustus 2019 09:01 Reporter : Syakur Usman

Merdeka.com - Lembaga riset global, Canalys, melaporkan kelompok lima besar vendor smartphone di Indonesia pada kuartal II tahun ini. Berdasarkan data volume pengapalan unit, merek Oppo memimpin pasar Indonesia untuk kali pertama dengan menggeser Samsung.

Dikutip dari akun Twitter resmi Canalys, Selasa (13/8), volume pasar smartphone Indonesia mengalami kenaikan sebesar 8,9 persen menjadi 11,4 juta unit pada periode April - Mei tahun ini dibandingkan periode sama tahun lalu. Dari situ, Oppo memimpin pasar dengan pangsa pasar 26 persen, tumbuh 54 persen.

Samsung yang semula berada di posisi satu digeser ke posisi kedua dengan pangsa pasar 24 persen. Pengapalan Samsung hanya tumbuh 10 persen. Oppo berhasil melampaui pertumbuhan Samsung untuk memimpin pasar kali pertama. Hal ini berkat cakupan offline yang kuat, sementara kompetisi di jalur online memanas.

Di posisi ketiga dan seterusnya ditempati oleh Xiaomi, Vivo, dan Realme. Masing-masing meraih pangsa pasar 19 persen, 15 persen, dan 7 persen.

Menariknya, Xiaomi mengalami penurunan pertumbuhan sebanyak 9 persen. Sedangkan Vivo yang di posisi keempat memiliki pertumbuhan terbesar dari kelimanya, yakni 62 persen.

(mdk/sya)

TOPIK TERKAIT