Sosmed dan Gamers Sumbang Kenaikan Traffic Saat Ramadan Hingga Lebaran

Sosmed dan Gamers Sumbang Kenaikan Traffic Saat Ramadan Hingga Lebaran
TEKNOLOGI » BANYUWANGI | 24 April 2019 19:23 Reporter : Haris Kurniawan

Merdeka.com - Sosial media (sosmed) dan games ikut menyumbang kenaikan traffic saat bulan Ramadan hingga Lebaran. Selain itu, aplikasi seperti streaming video maupun musik turut serta memenuhi lalu lintas jaringan komunikasi selama periode tersebut.

Oleh karenanya, mengantisipasi kenaikan traffic selama Ramadan dan Lebaran, PT Smartfren Telecom Tbk (Smartfren) melakukan berbagai antisipasi. Langkah yang dilakukan mulai dari uji jaringan 4G LTE Advanced di sejumlah daerah, mereka juga menyiapkan tim khusus yang siaga selama 24 jam untuk memantau lalu lintas jaringan komunikasi.

"Kami prediksi kenaikan traffic di bulan Ramadan tahun ini akan dimulai pukul 16.00 hingga 01.00. Selain sosial media dan aplikasi streaming baik musik maupun video. Tahun ini kenaikan traffic juga akan disumbangkan dari para gamers," ujar VP Technology Relations and Special Project Smartfren, Munir SP di Bandung, Jawa Barat, Rabu (24/4) malam.

vp technology relations and special project smartfren munir sp

VP Technology Relations and Special Project Smartfren Munir SPĀ©2019 Merdeka.com

Lanjut Munir, untuk antisipasi kenaikan traffic, pihaknya sudah memetakan beberapa daerah yang bakal mengalami lonjakan traffic. Antara lain, Pelabuhan Merak, Cilegon, Tasikmalaya, Magelang, Madiun, dan Banyuwangi. Kenaikan ini tidak lepas dari arus mudik yang terjadi setiap tahunnya.

"Berdasarkan data yang kami miliki selama Ramadan tahun lalu, sepanjang jalur mudik Pulau Jawa serta di kota singgah atau tujuan, lalu lintas komunikasi mengalami peningkatan trend bukan hanya H-3. Namun seminggu sebelum hari raya. Sekalinya tahun ini ada tol. Saya prediksi tetap saja lonjakan itu ada," jelasnya.

Dengan antisipasi yang dilakukan, kata Munir, pelanggan Smartfren tidak perlu khawatir mengalami gangguan selama Ramadan hingga Lebaran.

"Kami ingin pelanggan nyaman. Kami juga siagakan tim task force yang bekerja 24 jam selama tujuh hari. Kami mengecek terus traffic dan memastikan semua lancar untuk para pelanggan," tuntasnya. (mdk/hhw)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami