Spesifikasi Nintendo Switch Lite, Konsol Portabel Tanpa Sambungan TV

TEKNOLOGI | 11 Juli 2019 13:00 Reporter : Indra Cahya

Merdeka.com - Salah satu varian baru dari konsol Nintendo yakni Switch Lite, resmi diperkenalkan.

Tak cuma jadi varian yang lebih murah sesuai namanya, konsol ini punya beberapa modifikasi dan fitur yang berada di bawah Switch reguler, namun tetap punya keseruan bermain konsol portabel ala Switch.

Salah satunya seperti dikutip dari Polygon via Tekno Liputan6.com, konsol ini tidak dapat disambungkan dengan TV ataupun memiliki modus tablet seperti Switch reguler. Tidak hanya itu, Joy-Con yang tersedia tidak dapat dilepas pasang dan menyatu dengan bodi.

Nintendo Switch Lite memiliki layar sentuh berukuran 5,5 inci, sedikit lebih kecil dari versi biasa dengan ukuran 6,2 inci. Namun, resolusi layarnya masih tetap sama yakni 720 piksel.

Bobot konsol portabel ini juga lebih ringan 31 persen dari Switch generasi pertama, yakni sekitar 0,2 kg. Kemampuan baterai di Switch Lite sedikit ditingkatkan dibanding varian sebelumnya.

Nintendo menyebut konsol ini dapat memainkan seluruh gim Switch yang mendukung modus handheld. Karenanya, pengguna Switch Lite yang mencoba membeli gim digital tapi tidak mendukung modus handheld akan secara otomatis diperingatkan.

Ada tiga varian warna yang tersedia untuk Nintendo Switch Lite, yakni yellow, gray, dan turquoise. Selain itu, ada pula model lain dengan tema Pokemon Sword dan Shield.

Rencananya, Nintendo Switch Lite akan dibanderol dengan harga USD 199 atau sekitar Rp 2,8 juta pada 20 September 2019. Sementara model dengan tema Pokemon akan hadir pada 8 November 2019.

Cross Platform dengan Switch Reguler

Menyoal kemampuan cross-device, Nintendo menyebut pemain dapat mengakses data yang disimpan antara Switch dan Switch Lite. Dengan kata lain, gim yang tersimpan di Switch dapat dimainkan di Switch Lite, begitu pula sebaliknya.

Informasi ini dikonfirmasi langsung oleh President Nintendo America, Doug Bowser. "Ya, kami akan memiliki kemampuan untuk memindahkan (data) antar perangkat, pengalaman bermainmu. Akan ada lain yang datang, tapi itu rencananya," tuturnya.

Meski begitu, sang presiden tidak mengungkap lebih lanjut mengenai rencana ini. Menurutnya, informasi seputar kemampuan tersebut akan diumumkan segera.

Sumber: Liputan6.com
Reporter: Agustinus Mario Damar

Baca juga:
Perusahaan Game Lokal Masih Kalah Saing dengan Perusahaan Luar
Ini Alasan Gim Bola PES Ganti Nama Jadi eFootball
MPL Gandeng Gamers Kumpulkan Donasi Hingga Rp 600 jutaan
Selain Mengerikan, Game Horor Disebut-sebut Terinfeksi Malware
Gim Baru Bertema Pokemon Segera Hadir di Android dan iOS
Bandai Namco Akan Segera Rilis Gim One Punch Man
Tim Indonesia, Bigetron, Juara Kedua PUBG Mobile Club Open 2019 Tahap Final ASEAN

(mdk/idc)

TOPIK TERKAIT