Startup Indonesia Rilis Clickwork, Platform ERP untuk Dukung Bisnis saat WFH

Startup Indonesia Rilis Clickwork, Platform ERP untuk Dukung Bisnis saat WFH
TEKNOLOGI | 21 Mei 2020 15:12 Reporter : Syakur Usman

Merdeka.com - Pandemi Covid-19 mendadak mengubah budaya kerja sekaligus menjadi inspirasi bagi startup di Indonesia. Salah satu startup lokal berhasil mengembangkan platform bernama Clickwork.co.

Berbagai jenis pekerjaan mulai dari sales, purchasing, akuntansi, inventaris, dan kolaborasi kini bisa dikerjakan dengan mudah dan efisien hanya dalam satu platform terbaik yang segera diluncurkan di sejumlah negara di Asia ini.

Meski bekerja remote atau Work From Home (WFH), setiap member dapat melakukan absensi online yang dilengkapi dengan GPS tracking dan mengorganisasi semua pekerjaan sesuai dengan deadline, assignation, dan statusnya.

Users juga bisa menggunakan sistem timesheet Clickwork.co sehingga tim dapat dengan mudah memantau waktu penyelesaian pekerjaan.

Untuk pekerjaan sales, misalnya, Clickwork.co membantu mulai dari lead pipeline hingga sales order management. Para manager juga bisa melacak semua progres prospek dan penjualan.

Karena sistem Clickwork.co berbasis web, orang-orang sales bisa update status dan report dari mana saja, kapan saja, dan melalui device apa saja. Semua transaksi penjualan juga bisa automatically integrated to inventory dan accounting yang merupakan bagian dari ClickWork.co juga. Begitu pun dengan Purchasing dan kegiatan lainnya.

“Clickwork.co juga dilengkapi dengan dashboard yang dapat membantu business owner memantau kondisi dan kesehatan keuangan perusahaan mereka secara realtime,” ucap Lusiana Lu, Business Development Director Clickwork, dalam rilisnya, kemarin.

1 dari 1 halaman

Platform ERP untuk UKM dan Korporasi

Di Indonesia, Clickwork.co sudah diluncurkan secara online pada 27 April tahun ini. Startup asal Indonesia ini pun berencana ekspansi ke negara-negara di kawasan Asia Tenggara (ASEAN).

Menurut Lusiana, ketersediaan platform enterprise resource planning (ERP) software berbasis Software as a Service (SaaS) yang lengkap seperti Clickwork.co belum tersedia. Apalagi fitur Clickwork.co juga akan dilokalisasikan sesuai negaranya sehingga business flow and reporting yang dihasilkan bersifat akurat.

Penggunaan Clickwork.co di masa pandemi ini, bisnis dapat dibantu operasionalnya dan efisiensi dunia usaha. Pada saat-saat sulit begini, improvements and automation sangatlah diperlukan terutama di bidang IT dan Software. Namun, IT automation cenderung memerlukan investasi tinggi.

“Dengan Clickwork.co, perusahaan dengan tenang melakukan perbaikan dan pengembangan untuk memutarbalikkan kondisi bisnis mereka, setelah terdampak pandemi tanpa harus mengeluarkan biaya besar,” ungkapnya.

Dari sisi fitur, Clickwork lebih unggul daripada platform lain karena sangat lengkap. Bisa dibilang Clickwork merupakan pelopor platform ERP berbasis SaaS pertama di Indonesia yang sangat terjangkau. Sistemnya juga dirancang oleh para ahli yang memastikan bahwa sistem flow Clickwork sesuai dengan best standard practise dan mudah digunakan.

User experience-nya didesain dengan cermat untuk memastikan bahwa jumlah klik yang diperlukan untuk bergerak dari satu fitur ke fitur lain dapat diminimalissi seoptimal mungkin.

Clickwork.co bisa digunakan oleh usaha kecil, menengah hingga besar. Para pengguna juga bisa memilih salah satu modul dari berbagai modul yang ada. Caranya pun mudah, tinggal kunjungi Clickwork.co.

Saat ini, kata Lusiana, Clickwork memang menyediakan opsi penggunaan gratis ke semua user tanpa terkecuali dengan batas penggunaan 2 GB. Selain free, ada juga paket pro atau advance.

Untuk upgrade ke Pro, yaitu paket auto-scaling, pengguna cukup membayar Rp 180 ribu untuk setiap penggunaan kelipatan 10 GB per bulan.

Sementara untuk upgrade ke paket Advanced dengan batas storage 20 GB per bulan, pengguna bisa memilih metode pembayaran bulanan, Rp 390 ribu per bulan atau tahunan (Rp 3,9juta per tahun).

(mdk/sya)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami