Startup Ini Mampu Prediksi Penyebaran Virus Corona

Startup Ini Mampu Prediksi Penyebaran Virus Corona
TEKNOLOGI | 28 Januari 2020 08:02 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Startup asal Kanada bernama Bluedot telah memprediksi penyebaran virus corona sejak akhir tahun 2019. Di sisi lain, WHO sendiri baru menyadari hal itu di awal tahun 2020.

Dikutip dari Wired, Senin (27/1), Bluedot diketahui sudah memperingatkan adanya penyebaran virus corona yang masif untuk para penggunanya sejak 31 Desember 2019.

Perusahaan itu memanfaatkan algoritma yang didukung kecerdasan buatan untuk mengola data. Adapun data yang digunakan berasal dari laporan media lokal, organisasi penyakit hewan, dan pernyataan resmi otoritas setempat.

Kendati demikian, perusahaan tidak memasukkan data dari unggahan media sosial, sebab terlalu berantakan. Selain itu, mereka juga mendapat akses ke informasi maskapai global untuk memprediksi perpindahan penduduk dari lokasi awal virus corona.

Hasilnya, Bluedot mampu melacak dan mengolah informasi lebih cepat. Salah satu prediksi yang tepat adalah lokasi penyebaran virus di luar Tiongkok sejak kemunculan pertamanya, yang saat ini diketahui sudah mencapai Bangkok, Seoul, Taipei dan Tokyo.

Baca Selanjutnya: Perlu Analisis Manusia...

Halaman

(mdk/faz)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami