Tak hanya Amerika-Inggris, Ethiopia pun lakukan penyadapan

TEKNOLOGI | 26 Maret 2014 16:10 Reporter : Alvin Nouval

Merdeka.com - Tak hanya Amerika dan Inggris, rupanya Ethiopia juga melakukan tindakan penyadapan. Bedanya, tindakan ini hanya ditujukan untuk musuh politik dalam negara di utara Afrika tersebut.

Seperti dilansir Mashable (25/3), pemerintah Ethiopia diketahui menggunakan sistem penyadapan Eropa dan China untuk menguntit kegiatan musuh politik dalam negeri. Seluruh kegiatan mulai dari telepon hingga aktivitas internet diawasi demi tujuan partai penguasa di sana.

Mereka yang diserang adalah anggota partai oposisi, pihak penentang pemerintah, jurnalis, dan pemuda terutama dari etnis Oromo. Kegiatan mereka mulai dari komunikasi ponsel hingga Facebook dipantau secara langsung dengan teknologi dari Jerman, Italia, China, dan Inggris.

Di Ethiopia, sambungan telekomunikasi memang dipegang oleh satu BUMN saja. Perangkat yang dijual di sana pun kebanyakan berasal dari ZTE dan Huawei sehingga sangat mudah diawasi oleh pemerintah setempat. (mdk/nvl)

China: Amerika, jangan mata-matai kami!

Telkomsel gelar program Genggam Internet

Masyarakat Indonesia puas dan buas dalam berbelanja online

Bayar SPT Tahunan Pribadi kini tak perlu repot

Kritik pemerintah, blogger Vietnam dipenjara

TOPIK TERKAIT

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.