Telkomsel buka kolaborasi dengan startup dan kreator demi ekosistem digital

TEKNOLOGI | 26 Oktober 2018 13:42 Reporter : Syakur Usman

Merdeka.com - Platform early stage startup dari Telkomsel, The NextDev, mencapai puncaknya pada hari ini di Indonesia IdeaFest X The NextDev, yang digelar di JCC, Senayan, Jakarta Selatan. Melalui event ini, Telkomsel menyebarkan semangat kolaborasi dengan insan-insan industri kreatif di Tanah Air demi kemajuan ekosistem digital Indonesia.

Selain itu, event yang berlangsung pada 26 -27 Oktober ini juga menjadi ‘showcasing’ layanan-layanan digital masa depan Telkomsel demi mendukung roadmap pemerintah Making Indonesia 4.0.

Ririek Adriansyah, Direktur Utama Telkomsel, mengatakan dukungan The NextDev terhadap IdeaFest 2018 didasari visi sama, yakni menyediakan wadah bagi anak muda untuk mendukung pertumbuhan ekonomi kreatif di Indonesia melalui pemanfaatan teknologi.

"Kami terus mendorong generasi kreatif untuk terus mencari inspirasi agar dapat terus berkarya agar dapat memberikan dampak sosial positif (social impact) di tengah-tengah masyarakat,” ujar Ririek saat membuka Telkomsel Experience Zone di IdeaFest 2018, Jumat (26/10).

Di ajang IdeaFest X The NextDev, operator seluler nomor satu di Indonesia ini menghadirkan Telkomsel Experience Zone dengan tema ‘Living The Balance Between Work and Passion’. Sebelum membuka IdeaFest ini, Presiden Joko Widodo sempat berkunjung ke Telkomsel Experience Zone.

Telkomsel Experience Zone menampilkan layanan-layanan masa depan Telkomsel yang mendukung transformasi digital Indonesia menuju Revolusi Industri 4.0. Seperti internet of things (IoT), Big Data, Digital Advertising Digital Lifestyle (Musik dan Video), Mobile Financial Services, hingga digital library.

telkomsel di ideafest 2018 ©2018 Merdeka.com

Mengenai Telkomsel Experience Zone yang hadir dalam ajang IdeaFest ini, Ririek menjelaskan menjelaskan bahwa dalam beberapa tahun belakangan ini, Telkomsel konsisten melakukan transformasi digital dengan meningkatkan kesiapan teknologi dan jaringan serta senantiasa menghadirkan layanan dan solusi digital terkini yang dapat meningkatkan perkembangan ekonomi bangsa.

“Inovasi yang dilakukan Telkomsel merupakan bagian dari upaya mengakselerasi terbentuknya ekosistem digital di Indonesia, yang sesuai dengan roadmap pemerintah Indonesia yaitu ‘Making Indonesia 4.0’ dalam rangka memasuki revolusi industri 4.0. Oleh karenanya dengan menghadirkannya dalam Telkomsel Experience Zone, Telkomsel berharap dapat mendorong munculnya karya dari generasi kreatif yang dapat memajukan negeri, meningkatkan kapabilitas anak muda dan menumbuhkan kemandirian bisnis melalui teknologi digital," ungkap Ririek.

Pengumuman Pemenang The NextDev

Di IdeaFest ini, Telkomsel juga akan melakukan penjurian final dan mengumumkan pemenang kompetisi The NextDev 2018, kompetisi yang sukses melahirkan startup – startup pencipta aplikasi digital yang inovatif.

Menurut Ririek, “IdeaFest akan menjadi panggung bagi peserta The NextDev Telkomsel untuk mengangkat kualitas dan kompetensi para pemenang, sehingga mereka dapat terus berinovasi. Harapan kami kolaborasi IdeaFest x The NextDev dapat membawa semangat perubahan dan menjadi katalis bagi pertumbuhan gerakan ekonomi kreatif agar semakin merata hingga ke seluruh penjuru Tanah Air”.

Pada kesemptan istimewa ini, Telkomsel juga mengajak para startup, kreator, dan insan kreatif Indonesia untuk bergerak bersama melalui ide dan inovasi untuk memberikan manfaat bagi kehidupan masyarakat, kami akan mewadahi mereka melalui proses pembinaan, scaling capability hingga kesempatan komersialiasi serta partnership dengan Telkomsel,” pungkasnya.

(mdk/sya)

TOPIK TERKAIT