Terobosan Baru, Satelit Ini Dapat di Program Ulang Setelah Peluncuran

Terobosan Baru, Satelit Ini Dapat di Program Ulang Setelah Peluncuran
Ilustrasi satelit. © www.stephouse.net
TEKNOLOGI | 3 Agustus 2021 14:21 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Biasanya sebuah satelit sebelum diluncurkan, terlebih dahulu harus di program. Namun terobosan kali ini mampu menerabas pakem-pakem itu. Adalah Eutelsat Quantum. Sebuah satelit yang dapat di program ulang setelah diluncurkan, sehingga memungkinkan pengguna menyesuaikan kebutuhan secara real time. Satelit ini merupakan produk besutan Inggris.

Dilaporkan The Guardian, Selasa (3/8), karena Eutelsat Quantum dapat diprogram ulang saat mengorbit pada ketinggian 35.000 km, maka satelit tersebut dapat merespons perubahan permintaan untuk transmisi data dan komunikasi yang aman selama masa pakainya yakni 15 tahun.

Satelit tersebut telah diluncurkan dari Guyana Prancis pada hari Jumat melalui roket Ariane 5. Perlu diketahui, satelit Quantum ini memiliki bobot 3,5 ton dengan mempunya delapan balok komunikasi, yang masing-masing dapat dimodifikasi untuk mengubah area jangkauannya dan juga kekuatan sinyal yang dipancarkannya.

Menggunakan perangkat lunak yang tersedia untuk pelanggan, perubahan ini dapat dilakukan dalam hitungan menit, menurut Eutelsat. Ini berarti satelit dapat digunakan untuk menyediakan cakupan bergerak untuk objek bergerak seperti pesawat terbang dan kapal laut, atau cakupan setelah bencana alam atau untuk peristiwa yang hanya terjadi sekali saja.

"Pada kasus satelit Quantum ini, seluruh misi dapat disesuaikan dengan orbit dengan menawarkan fleksibilitas. Ini tentu akan mengubah kebiasaan konsumen, market, dan lain sebagainya yang berujung pada bisnis baru," kata Francois Gaullier, SVP Telecommunications, Airbus Defence and Space, dalam channel Youtube European Space Agency (ESA).

Dan pada saat kekhawatiran yang berkembang atas keamanan digital – serta kemungkinan persenjataan ruang angkasa – Quantum mampu menunjukkan dengan tepat asal sinyal yang dipancarkan dengan atau tanpa niat jahat dan mengambil tindakan untuk memperbaiki gangguan apa pun. Quantum akan mencakup area yang luas dari Afrika barat hingga Asia. (mdk/faz)

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami