The NextDev punya misi baru untuk SDM Indonesia Timur

TEKNOLOGI | 19 Juli 2018 14:09 Reporter : Fauzan Jamaludin

Merdeka.com - Tak bisa dimungkiri bila Pulau Jawa masih menjadi central dari talent-talent mumpuni di bidang aplikasi. Hal itu diketahui dari data jumlah pendaftar The NextDev di mana 4.091 early stage startup di Indonesia, hanya 9,93 persen berasal dari kawasan Timur Indonesia. Sebagian besar ada di Indonesia barat.

"Jadi, sampai saat ini teman-teman yang ada di pulau Jawa masih mendominasi. Mungkin karena mereka lebih mudah mengakses dan mendapatkan informasi," ujar General Manager External Corporate Communications Telkomsel, Denny Abidin, saat acara media update TheNextDev on The Mission di Gedung Telkomsel Smart Office, Jakarta, Kamis (19/7).

Maka dari itu, kata dia, pada tahun keempat pelaksanaannya ini Telkomsel The NextDev akan melengkapi generasi muda Indonesia Timur dengan kemampuan-kemampuan yang relevan untuk berkreasi menciptakan produk digital yang tepat guna melalui program The NextDev on The Mission 2018.

"Kalau dilihat dari sisi pendaftaran, teman-teman di Indonesia Timur ini banyak yang kirim slide presentasi. Sementara, di luar Indonesia Timur, mereka lebih dari itu. Makanya, kita ingin turut mengembangkan kapabilitas talent-talent di sana," jelasnya.

Program Telkomsel The NextDev on The Mission akan mengikutkan 30 peserta ke dalam sebuah kurikulum berbasis pengetahuan koding dan pengembangan aplikasi digital selama 30 hari di Kupang dan Ambon pada semester kedua 2018.

Pemuda-pemudi Indonesia Timur yang memiliki antusiasme tinggi dan rasa haus akan pengembangan teknologi informasi dan komunikasi digital menjadi audiens sasaran Telkomsel The NextDev on The Mission.

"Pada tahun ini Telkomsel The NextDev bersama Binar Academy menggelar The NextDev on The Mission 2018, sebagai sebuah program turunan yang akan merambah segmen edukasi digital bagi pemuda-pemudi lokal di Indonesia Timur," ungkap dia.

Untuk lebih jauh lagi menebar manfaat bagi masyarakat di Indonesia Timur, Telkomsel juga akan mengadakan sesi talkshow yang akan diisi oleh pembicara inspiratif dalam rangkaian acara The NextDev on The Mission 2018 di Kupang dan di Ambon. (mdk/faz)

TOPIK TERKAIT

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.