Tiap 11 tahun sekali, matahari buat manusia cepat mati!

TEKNOLOGI | 7 Januari 2015 19:08 Reporter : Bramy Biantoro

Merdeka.com - Tanpa matahari manusia dipastikan tidak bisa hidup, namun ternyata aktivitas dari matahari baru-baru ini terbukti membuat manusia cepat menemui ajal. Bagaimana bisa?

Menurut penelitian dari ilmuwan Norwegia, setiap 11 tahun sekali matahari akan berada di puncak aktivitas hidupnya. Fenomena ini sering disebut 'solar maxima' oleh ilmuwan.

Saat itu, matahari akan mengeluarkan ledakan permukaan dan badai magnetik yang lebih kuat dibanding keadaan normal. Oleh sebab itu, radiasi yang menghempas bumi jauh lebih besar.

Imbasnya, bayi-bayi yang lahir pada tahun-tahun solar maxima diketahui mempunyai umur 5,2 tahun lebih pendek dari mereka yang dilahirkan di masa solar minimum kebalikan solar maxima.

Dari data penduduk Norwegia yang lahir di antara tahun 1676 sampai 1878, efek solar maxima tercatat berdampak lebih kuat pada wanita ketimbang pria.

"Aktivitas matahari saat kelahiran seorang bayi dapat mempengaruhi kesempatan hidup saat bayi itu beranjak dewasa," tulis ilmuwan Universitas Norwegia dalam jurnal Proceedings of the Royal Society B, Phys Org. (06/01).

Menurunnya umur manusia yang lahir saat solar maxima terjadi akibat tingginya sinar radiasi ultraviolet. Radiasi matahari tinggi saat bayi lahir ternyata dapat merusak sel dan DNA di kemudian hari.

"Radiasi ultraviolet adalah sumber stres global yang berpotensi mengancam ekologi, dan level ultraviolet di masa depan diperkirakan akan terus bertambah akibat perubahan iklim dan menipisnya lapisan ozon," tulis Universitas Norwegia dalam laporan mereka. (mdk/bbo)


Kiamat internet 'kecil' akan terjadi tanggal 30 Juni 2015?
7 Hewan aneh nan misterius yang 'terindentifikasi' di tahun 2014
'Kembang api' terbesar dalam sejarah hiasi inti Bima Sakti
Planet mirip bumi ditemukan lagi, berumur dua kali matahari
Mengapa tahun 2015 terhitung punya 365,25 hari?

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.