Tiga badai matahari hantam Bumi, cahaya hijau muncul di mana-mana

TEKNOLOGI | 23 Juni 2015 16:03 Reporter : Bramy Biantoro

Merdeka.com - Sekitar dini hari tadi, ilmuwan melaporkan Bumi sedang dihantam bukan hanya satu tetapi tiga badai matahari sekaligus. Ilmuwan pun langsung meresponnya dengan alarm peringatan. Apa yang akan terjadi?

Organisasi ilmuwan pemantau cuaca luar angkasa Amerika, SWPC, sekitar pukul 2 dini hari tadi (WIB), mengirimkan peringatan hantaman tiga badai matahari pada level 'G4' atau 'merusak, Daily Mail (23/06). Dengan status itu, badai matahari itu diprediksi akan merusak satelit yang kini mengorbit di atas Bumi.

Tidak hanya itu, SWPC menambahkan bila tiga badai matahari itu menimbulkan kemunculan cahaya hijau atau aurora di langit banyak negara. Aurora adalah cahaya berwarna hijau, merah, atau ungu yang muncul di langit akibat gesekan antara partikel listrik dari luar angkasa dengan 'mantel' magnet Bumi.

Aurora biasanya hanya bisa disaksikan di kawasan kutub, tetapi, akibat besarnya badai matahari besar semalam, aurora bisa terlihat hingga kawasan Kanada, Amerika, hingga beberapa daerah Eropa.

Meskipun belum dilaporkan adanya insiden serius akibat badai matahari ini, tim ilmuwan SWPC mengatakan manusia perlu mewaspadai gangguan operasional pesawat terbang, suplai listrik, hingga komunikasi radio di beberapa bagian Bumi, terutama bagian utara.

Perlu diketahui, ketiga badai matahari itu dihempaskan dari sumber yang sama, yakni bintik hitam bernomor 12371. Badai matahari pertama muncul tanggal 18 Juni, sedangkan yang kedua 19 Juni, dan yang terakhir tanggal 21 Juni kemarin. Ketiganya lalu bersatu dan menghantam Bumi dini hari tadi. (mdk/bbo)

Baca juga:
Di asteroid raksasa ini, NASA temukan 'piramida' yang bersinar
NASA masih penasaran Pluto benar planet atau bukan
Rusia sebut Amerika tak pernah injakan kaki di Bulan
NASA sebut alien sedang awasi Bumi, 20 tahun lagi bertemu manusia!
Ini peran vital video porno di luar angkasa bagi umat manusia

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.